10 Penyebab Asam Urat Sering Kambuh

10 Penyebab Asam Urat Sering Kambuh

10 Penyebab Asam Urat Sering Kambuh – Penyebab tingginya asam urat selain dari makanan juga dapat terjadi dari faktor eksternal yang tak terduga sebelumnya. Asam urat sendiri sebenarnya bukan penyakit, melainkan bahan kimia yang dihasilkan tubuh memecah zat yang disebut purin.

10 Penyebab Asam Urat Sering Kambuh

Dan purin tersebut di dapat dari beberapa jenis makanan berkadar purin tinggi. Setelah diproduksi, asam urat kemudian akan dilarutkan melewati ginjal dan dibuang tubuh melalui urin. Namun apabila kadar asam urat terlalu banyak, ginjal pun tidak dapat mengeluarkan asam urat dengan cepat hingga akhirnya menimbulkan gangguan bagi kesehatan. Yang kerap dikenal saat ini dengan sebutan penyakit asam urat.

Timbulnya atau gejala asam urat sendiri dapat muncul secara tiba-tiba, bahkan dapat terjadi saat tengah malam. Dari sebagian besar kasus pun asam urat hanya terjadi beberapa jam saja dalam waktu 2 atau sehari saja. Namun untuk beberapa kasus lain, tentunya akan menimbulkan rasa sakit pada bagian persendian yang bisa melebihi satu minggu.

10 Penyebab Asam Urat Sering Kambuh

Adapun beberapa faktor penyebab asam urat sering terasa kambuh kembali, diantaranya :

  • Faktor Usia

Biasanya, asam urat lebih sering terjadi pada orang-orang yang telah memasuki umur 40 tahunan. Dan biasanya akan dirasakan pula ketika mulai memasuki masa menopause.

  • Faktor Genetik

Riwayat keturunan pun juga berpengaruh. Dari lebih banyak kasus, jika sebelumnya dalam sebuah keluarga telah memiliki riwayat asam urat. Maka kemungkinan besar keturunannya pun akan lebih berisiko tinggi terserang asam urat. Namun pencegahan tentunya harus dilakukan sejak dini agar tidak asam urat tidak menurun pada Anda.

  • Zat Purin Berlebih

Timbulnya rasa nyeri pada penderita asam urat biasanya disebabkan oleh kristal-kristal yang menusuk di area persendian. Kristal-kristal tersebut pun terbentuk dari penumpukan hasil dari zat purin berlebih. Dan ini merupakan penyebab utama timbulnya penyakit asam urat.

  • Faktor Makanan

Makanan merupakan salah satu yang paling berpengaruh pada kekambuhan asam urat ini. Karena keadaan tubuh bergantung pada apa yang dimakan. Dan dari makanan pula zat purin tinggi di dalam tubuh dapat terbentuk. Maka, sebaiknya hindarilah jenis makanan berpurin tinggi tersebut.

  • Obesitas

Seseorang dengan berat badan berlebih cenderung lebih berpeluang tinggi terserang asam urat. Hal ini dikarenakan oleh kadar kolesterol dan lemak yang sangat tinggi. Dan itu diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat serta minim beraktifitas fisik.

  • Jenis Kelamin

Wanita cenderung lebih berisiko tinggi terserang penyakit asam urat. Meski sebagian besar lebih tinggi setelah menopause, namun wanita dalam masa subur pun biasanya akan rentan terserang asam urat ini.

  • Faktor Minuman Beralkohol dan bersoda

Kekambuhan asam urat berikutnya pun dapat terjadi karena makanan atau minuman beralkohol. Memang benar, pada dasarnya alkohol sangat tidak disarankan dikonsumsi karena akan merusak organ tubuh secara perlahan. Yang tentunya selain tidak baik, akan menghambat pada asam urat untuk diproses oleh urin.

  • Minuman Berkadar Gula Tinggi

Dari hasil sebuah peneliti mengenai minuman ringan yang mengandung fruktosa tinggi akan berdampak pada terjadinya asam urat. Karena ini merupakan jenis gula alami yang akan mengganggu pada asam urat jika dikonsumsi secara berlebih.

  • Efek Samping Obat-obatan

Biasanya, terdapat beberapa jenis obat yang apabila dikonsumsi akan menghasilkan zat asam urat menjadi semakin tinggi. Dan tentu saja itu terjadi karena efek samping pada asam urat itu sendiri. Oleh sebab itu, jika ingin mengobati asam urat pilihlah pengobatan yang alami dan tidak memiliki efek samping.

  • Mandi Malam

Dan penyebab asam urat kambuh yang lainnya ialah mandi malam. Itulah alasan mengapa orang tua di zaman dahulu melarang mandi malam hari. Dan ternyata mandi di malam hari dapat menyebabkan bahaya timbulnya asam urat. Selain itu, mandi malam pun dapat berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh lainnya.

Post By : Info Kita Semua

10 Penyebab Asam Urat Sering Kambuh

Leave a Reply

Chat Via WhatsApp