3 Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Puasa

3 Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Puasa – Meski memanglah hal yang lumrah terjadi, namun tentunya akan sangat mengganggu aktifitas. Terutama saat bulan ramadhan, pastinya kebingungan bukan untuk mengatasinya. Tapi tak perlu risau, karena disini terdapat cara terbaik tanpa harus membatalkan puasa itu sendiri.

3 Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Puasa

3 Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Puasa

Masalah sakit gigi memang bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Penyebab terjadinya sakit gigi sendiri ialah karena gigi berlubang yang merupakan bakteri dan plak. Di dalam mulut terdapat banyak sekali jenis bakteri yang bertahan dan hidup pada sisa-sisa makanan dan minuman pada gigi.

Dan setelah itu, bakteri akan menghasilkan plak di mulut hingga menyebabkan timbullah sakit gigi. Plak ini mengandung asam yang dapat melarutkan mineral pada lapisan email gigi dan menimbulkan adanya lubang gigi pada lapisan email. Hingga akhirnya bakteri dapat menembus langsung pada lapisan gigi hingga menyerang pembuluh darah dan saraf.

Jika telah begitu, maka akan mengakibatkan Anda merasakan sakit gigi parah, sakit saat mengigit, gigi sensitif serta berbagai gejala lainnya yang mengiringi gigi berlubang. Rasa sakit pada gigi berlubang akan muncul terutama setelah mengonsumsi jenis makanan manis atau minum minuman dingin dan panas.

Namun apabila serangan sakit gigi tersebut terjadi pada saat sedang berpuasa, tentunya Anda merasa bimbang bukan untuk cara mengatasinya. Maka dari itu, disini kami akan berikan cara terbaik dalam mengatasi sakit gigi saat berpuasa tanpa membatalkan puasa itu sendiri. Dengan kata lain, tidak memerlukan obat-obatan. Dan beberapa cara tersebut, diantaranya :

3 Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Berpuasa

  • Terapi Es Batu

Cara yang pertama merupakan cara yang paling sederhana dan ampuh untuk dilakukan. Yaitu dengan memanfaatkan es batu. Namun es batu yang harus Anda gunakan tentunya harus bersih dan steril. Caranya ialah dengan meletakkan beberapa es batu pada sebuah kain steril dan bersih lalu bungkus.

Setelah itu, letakkan pada gigi yang tengah sakit. Es batu yang dingin ini dapat meredakan syaraf gigi dan sakit hingga dapat hilang untuk sementara waktu.

  • Terapi Teh Hangat

Cara yang kedua pun tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama. Yaitu dengan menempatkan kantong berisi teh hangat pada gusi. Ini merupakan upaya dalam membantu menghentikan peradangan. Dan sebaiknya jangan dicampurkan dengan gula.

  • Terapi Berkumur Garam

Meskipun umumnya garam digunakan atau difungsikan sebagai bumbu dapur, namun nyatanya garampun dapat mengatasi sakit gigi saat berupasa. Caranya mudah, cukup larutkan 2 sendok garam ke dalam air hangat lalu gunakan untuk berkumur. Namun tentunya jangan ditelan, karena ini hanya difungsikan untuk berkumur saja.

Itulah sekilas artikel mengenai cara mudah mengatasi sakit gigi saat berpuasa tanpa harus membatalkannya. Dengan menggunakan beberapa cara alami dan trasisional. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

3 Cara Mengatasi Sakit Gigi Saat Puasa

Leave a Reply

Chat Via WhatsApp