10 Makanan dan Minuman untuk Menurunkan Gula Darah

10 Makanan dan Minuman untuk Menurunkan Gula Darah

10 Makanan dan Minuman untuk Menurunkan Gula Darah – Hingga saat ini, masalah gula darah menjadi salah satu keluhan kesehatan yang cukup banyak dialami. Terlebih efeknya pun harus sangat diperhatikan serta penyakit ini cukup banyak dampak buruknya bagi kesehatan.

10 Makanan dan Minuman untuk Menurunkan Gula Darah

Untuk mengobati keluhan ini pun cukup sulit, maka dari itu bagi Anda yang ingin terhindar atau ingin mengatasi keluhan ini. Sebaiknya lebih berupaya untuk mengatur pola makan serta gaya hidup agar terhindar dari risiko atau efek bahayanya.

Nah, berikut beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah Anda. Diantaranya meliputi :

  • Alpukat

Buah alpukat tidak hanya lezat, tapi juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung temak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi. Serta lemak tersebut baik pula untuk jantung.

  • Brokoli

Sayuran ini termasuk makanan bersumber serat yang bisa memperlambat pelepasan gula dari makanan ke dalam sel-sel tubuh. Serta dikemas oleh manfaatnya yang bisa menurunkan kadar gula darah.

Bahkan saat kita tidak makan gula langsung, segala sesuatu yang kita konsumsi akhirnya berubah menjadi glukosa yang digunakan tubuh sebagai sumber energi.

  • Bayam

Bayam diketahui mengandung asam amino tinggi. Juga merupakan sumber kaya mineral, magnesium, kalsium, dan pottassium. Kandungan-kandungan tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan membantu menurunkan gula darah.

  • Yogurt Non Lemak

Salah satu sumber kalsium, protein, kalium, dan magnesium ialah yogurt non lemak. Nutrisi yogurt ini bisa menurunkan kadar gula darah serta nafsu makan dengan cepat.

  • Telur

Telur menjadi sumber protein yang baik, beberapa vitamin dan lemak. Untuk mendapat manfaatnya, Anda perlu mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Dan usahakan beli telur dengan kualitas tinggi.

  • Kacang Almond

Almond menawarkan lebih banyak protein dari jenis kacang lainnya. Kacang ini juga mempunyai kandungan lebih banyak serat dan gizi secara keseluruhan. Hal ini yang membuat kacang almond menjadi pilihan sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah.

  • Rumput Gandum

Meski tak terdengar menarik, justru rumput gandum mempunyai rasa sedikit manis. Rumput gandum juga makanan yang mempunyai pengaruh baik terhadap kadar gula darah. Sebab, klorofil di dalamnya dapat menurunkan kadar gula darah lebih cepat.

  • Kacang lentil

Kacang ini kaya akan kandungan protein, kalium, zat besi, dan serat yang bisa membuatnya menjadi makanan luar biasa. Dan secara keseluruhan bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Lentil juga sumber baik sebagai antioksidan dengan rasa lezat dan harga terjangkau.

  • Ikan liar (Wild fish)

Ikan liar banyak mempunyai kandungan sehat seperti zat besi, protein, lemak sehat, dan vitamin B termasuk potassium dan magnesium. Ikan dikenal sebagai makanan yang baik untuk menurunkan gula darah dengan nutrisinya. Namun tidak semua bisa dinikmati.

Anda bisa mencoba ikan tuna, nila, salmon, halibut, dan hindari mengolahnya dengan digoreng atau dengan tinggi minyak. Serta yang terpenting, pilihlah yang tidak mengandung racun, peptisida atau merkuri.

  • Kayu Manis

Makanan terakhir yang direkomendasikan disini ialah kayu manis. Anda bisa menambahkannya ke dalam minuman maupun masakan untuk membantu menjaga kadar gula darah Anda.

Itulah beberapa jenis makanan serta minuman yang diyakini dapat membantu menurunkan gula darah dan aman dikonsumsi penderita diabetes. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

10 Makanan dan Minuman untuk Menurunkan Gula Darah

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!