3 Makanan yang Bisa Memperparah Batu Ginjal

3 Makanan yang Bisa Memperparah Batu Ginjal

3 Makanan yang Bisa Memperparah Batu Ginjal – Batu ginjal merupakan suatu kondisi saat material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa-sisa zat limbah seperti fosfor, oksalat, dan kalsium di dalam darah.

3 Makanan yang Bisa Memperparah Batu Ginjal

Zat tersebut akan disaring oleh ginjal dan kemudian bisa mengendap hingga mengkristal seiring berjalannya waktu. Meski secara alami ginjal akan membersihkan darah setiap hari dengan menyaring zat-zat limbah untuk dibuang melalui urine. Namun terkadang zat tersebut terlalu banyak dibanding cairan yang berfungsi sebagai pelarut.

Sehingga tidak bisa sepenuhnya terbuang oleh tubuh dan malah mengendap di dalam ginjal. Sebuah studi telah menemukan bahwa mineral, makanan dan cairan tertentu bisa memperburuk batu ginjal. Untuk itu, agar kondisi batu ginjal Anda tak terus memburuk, penting untuk mengetahui pantangan makanan tersebut.

3 Makanan yang Bisa Memperparah Batu Ginjal

Berikut beberapa jenis makanan yang diyakini dapat memperburuk kondisi batu ginjal Anda, diantaranya :

  • Natrium/Sodium

Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan tinggi sodium jika tak ingin kondisi batu ginjal Anda semakin memburuk. Natrium bisa berisiko meningkatkan batu kalsium dan mengakibatkan ginjal mengeluarkan lebih banyak kalsium dalam urin.

Makanan sodium tinggi meliputi sup kalengan, makanan cepat saji, makanan acar, sayuran kalengan, makanan ringan, dan makanan beku olahan. Tak hanya itu, sumber sodium juga bisa bersembunyi di dalam komposisi makanan.

  • Protein Hewani

Protein hewani diketahui dapat meningkatkan risiko batu asam urat pada ginjal. Protein hewani mengandung purin yang dipecah menjadi asam urat dan bisa mengakibatkan pembentukan batu asam urat di dalam ginjal.

Makanan purin tinggi melipurti, organ daging sapi, sarden, ikan kod, ikan teri, udang, kerang, ikan haring, daging merah, dan lainnya.

  • Makanan yang mengandung zat oksalat & vitamin C

Jika Anda dipastikan mengalami penumpukan batu kalsium dalam ginjal, sudah seharusnya Anda membatasi pengonsumsian makanan yang mengandung zat oksalat tinggi dalam menu harian Anda. Sebab makanan ini bisa meningkatkan kadar kalsium dalam urin.

Makanan tinggi oksalat meliputi kacang, bayam, gandum, bit, coklat, dan kelembak. Vitamin C atau suplemen asam askorbat juga tersebut bisa meningkatkan pembentukan batu pada mereka yang sudah berisiko mengalami batu ginjal jika dosisnya lebih dari 2.000 mg.

Demikianlah artikel kali ini mengenai beberapa jenis makanan yang diketahui bisa memperburuk kondisi batu ginjal. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

3 Makanan yang Bisa Memperparah Batu Ginjal

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!