3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Gondongan

3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Gondongan

3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Gondongan – Anda merasakan sakit di bagian samping wajah? Waspada ! Itu bisa menjadi gejala awal penyakit gondongan. Apa itu gondongan?? Gondongan ialah pembekakan yang terjadi pada kelenjar parotis (kelenjar liur) akibat infeksi virus.

3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Gondongan

Ciri-ciri gondongan yaitu bagian sisi wajah penderita akan terlihat membesar. Penyakit gondongan ini termasuk ke dalam penyakit yang menular dan pada umumnya terjadi pada anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus paramyxovirusPenyebaran virus gondongan bisa terjadi melalui percikan ludah yang dikeluarkan oleh penderita ketika batuk atau bersin.

Cara penularan penyakit ini jika percikan si penderita tersebut masuk melalui hidung atau mulut ke orang yang sehat, baik secara langsung maupun lewat perantara. Penyakit gondongan ini akan menyebar dalam waktu beberapa hari. Karena itu, upaya pencegahan perlu dilakukan sedini mungkin. Caranya adalah dengan menghindari kontak langsung dengan penderita dan menjalani imunisasi.

Selain upaya pencegahan, jika Anda sudah tertular penyakit gondongan perlu untuk mengobatinya. Ada beberapa cara pengobatan penyakit ini, Anda bisa menggunakan obat medis dan juga obat alami. Namun jika Anda tidak ingin menggunakan obat medis yang tentunya mengandung bahan-bahan kimia, Anda bisa menggunakan alternatif lain misalnya dengan menggunakan obat dari bahan alami.

3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Gondongan :

  • Bubuk Margosa dan Kunyit

Kombinasi kedua bahan ini memberikan efek yang luar biasa pada daerah yang mengalami gondongan. Kunyit sendiri sebenarnya bisa menjadi tambahan atau campuran bahan lainnya untuk membantu pengobatan gondongan. Caranya seperti ini :

  • Campurkan kedua bahan bubuk margosa dan kunyit
  • Setelah itu haluskan terlebih dahulu kunyit, lalu ditambah bubuk margosa
  • Tambahkan sedikit air biar bisa dibentuk pasta
  • Setelah itu, oleskan ke wajah yang meradang.

Pengobatan setiap hari dalam beberapa hari akan mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Ranting Belimbing dan Bawang Merah

Mungkin Anda heran dengan ramuan yang satu ini ? Memang agak terdengar aneh jika menggunakan ranting belimbing ketimbang buahnya. Namun perpaduan kedua bahan ini mampu dibuktikan khasiatnya. Terlepas dari efek samping bawang merah, manfaatnya untuk mengobati gondongan juga cukup besar. Caranya seperti ini :

  • Ambil bawang merah 4 siung dan ranting belimbing sebanyak 10 ranting yang masih muda
  • Setelah itu, haluskan ranting bersamaan dengan bawang merah
  • Setelah ramuan ini sudah tercampur dan benar-benar bertekstur lembut, ramuan campuran ini lalu ditempelkan ke area wajah yang bengkak.

Melakukannya secara teratur dapat berupaya menyembuhkan gondongan secara lebih cepat.

  • Simbar Menjangan

Bahan yang satu ini bisa diambil daunnya dan dapat diramu untuk menghilangkan atau mengempiskan bengkak pada rahang. Nyeri pun akan memudar seiring pemakaian ramuan ini secara rutin. Untuk cara pengolahannya seperti ini :

  • Siapkan wadah yang berisi daun simbar menjangan dengan ditambahkan garam secukupnya
  • Tambahkan air secukupnya ke dalam wadah
  • Setelah itu kita menggiling ramuan yang tadi sudah dicampurkan
  • Setelah semuanya jadi tercampur, lalu ramuan ini bisa ditempel ke area wajah yang terkena gondongan.

Penggunaan secara rutin dalam beberapa hari akan menunjukkan hasil optimal.

Itulah sekilas artikel mengenai “3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Gondongan”
Semoga bermanfaat & Terimakasih 🙂

Post By : Info Kita Semua

3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Gondongan

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!