3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Kurap

3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Kurap – Kurap adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Beberapa diantaranya menyerang kuku, tubuh bagian atas, dan kepala, penyakit ini juga akan menyerang dan muncul di selangkangan kaki. Kurap ini merupakan penyakit yang umum dan terjadi pada siapa saja.

3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Kurap

3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Kurap

Gejala kurap awalnya berupa lingkaran kecil dan lama kelamaan akan melebar. Kurap biasanya timbul seperti ruam kemerahan, dan terasa bersisik serta gatal. Penyakit kurap juga dapat melebar dan muncul dibagian tubuh mana saja. Jika tingkat keparahannya meningkat, ruam tersebut akan membentuk benjolan dan melepuh.

Penyebab kurap adalah jamur dermatofit atau jamur yang dapat bertahan hidup di kulit. Jamur ini hidup keratin yang menjadi bahan dasar jaringan lapisan kulit, rambut, serta kuku manusia. Penyebaran jamur tersebut dapat melalui kontak lansung dengan manusia, hewan, benda, atau bahkan tanah.

Langkah pencegahan yang paling utama ialah menjaga kebersihan, misalnya dengan :

  • Mandi dan keramas secara teratur
  • Menjaga kebersihan kuku
  • Sering mencuci tangan
  • Rutin mencuci pakaian, handuk, dan seprai
  • Membersihkan rumah secara teratur
  • Selalu mengenakan alas kaki saat keluar rumah dan saat menggunakan fasilitas umum
  • Tidak berbagi penggunaan barang pribadi
  • Jangan memegang hewan liar.

Langkah pengobatan kurap tergantung dengan jenis dan tingkat keparahannya. Penyakit kurap bisa diobati melalui penanganan dirumah dan menggunakan bahan-bahan tradisional yang sangat mudah Anda temui. Berikut ada beberapa macam tanaman yang bisa mengobati kurap secara alami.

3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Kurap :

  • Lengkuas

Tanaman yang satu ini sering digunakan sebagai bumbu dapur, namun selain itu lengkuas sangat banyak manfaatnya untuk mengatasi masalah kulit. Karena lengkuas bisa mematikan zat-zat asing dalam tubuh termasuk jamur karena memiliki senyawa flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Selain itu, lengkuas juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan peradangan pada kulit.

  • Bawang Putih

Tanaman yang satu ini selain digunakan sebagai bumbu dapur, namun memiliki khasiat yang luar biasa untuk masalah kulit. Bawang futih memiliki senyawa sulfur yang berperan sebagai anti-inflamasi yang bisa menyembuhkan peradangan pada kulit. Selain itu juga bawang putih memiliki sifat anti bakteri, anti mikroba dan antiseptik alamiah.

  • Tembakau

Pastinya Anda mengetahui tembakau sebagai bahan utama dari pembuatan rokok. Tetapi, tembakau juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kulit. Tembakau dipercaya bisa mempercepat penyembuhan berbagai macam kulit karena mengandung kolagen. Selain itu, tembakau juga memiliki senyawa polifenil dan flavonoid yang mana keduanya bisa menyembuhkan peradangan karena memiliki antioksidan alami dan zat anti-inflamasi.

Itulah 3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Kurap
Semoga bermanfaat & Terimakasih 🙂

Post By : Info Kita Semua

3 Tanaman Herbal untuk Mengobati Kurap

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!