5 Aturan Makan Makanan Manis Bagi Penderita Diabetes

5 Aturan Makan Makanan Manis Bagi Penderita Diabetes

5 Aturan Makan Makanan Manis Bagi Penderita Diabetes – Sebagian besar orang mengira bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula bisa mengakibatkan diabetes. Padahal kenyataannya tidak semua benar begitu.

5 Aturan Makan Makanan Manis Bagi Penderita Diabetes

Gula memang tidak secara langsung mengakibatkan diabetes, namun terlalu banyak mengonsumsi gula bisa membuat kelebihan berat badan dan rentan mengalami diabetes. Mungkin bisa didefinisikan seperti itu.

Nah, jika Anda terlanjur sudah memiliki diabetes, mengonsumsi makanan manis bisa meningkatkan kadar gula darahmu melebihi batas normal. Jika tidak dijaga dan dikontrol, kadar gula darah tersebut bisa mengakibatkan masalah berlanjut.

5 Aturan Makan Makanan Manis Bagi Penderita Diabetes

Untuk itu, di bawah ini terdapat beberapa aturan yang bisa diterapkan oleh para penderita diabetes dalam mengatur pengonsumsian makanan manisnya.

  • Seimbangkan dengan makanan lain

Percuma bukan menghindari makan gula kalo setiap hari Anda selalu mengonsumsi junk food. Jika ingin mengonsumsi makanan manis sebaiknya imbangi dengan kacang-kacangan, sayur dan protein sehat lain seperti ikan.

  • Batasi pengonsumsiannya hanya sesekali saja

Batasi pengonsumsian makanan tinggi gula misal dalam momen khusus seperti akhir pekan, ulang tahun teman, acara kantor dan lainnya. Porsinya pun jangan terlalu besar, bisa dengan seporsi kecil saja.

  • Kurangi asupan karbohidrat dari makanan ini

Selain makanan manis, karbohidrat juga perlu dibatasi. Seperti Roti putih, nasi putih, jagung, kentang, dan pasta terigu. Anda bisa memilih snacking dari kedelai untuk mengurangi karbo berlebih.

  • Ganti dengan camilan tinggi serat

Jika Anda memang suka makanan manis dan sulit menahan diri namun juga memiliki riwayat gula darah tinggi, Anda bisa coba menggantinya dengan jenis makanan tinggi serat. Seperti camilan yang terbuat dari kedelai yang tinggi serat dan protein.

  • Selalu periksa label nutrisi pada makanan

Saat memilih cookies atau kue di supermarket, sebaiknya baca label informasi nutrisi yang tertera dalam kemasan untuk mengetahui jumlah gula di dalamnya. Jangan lupa juga cek berapa kandungan karbohidratnya.

Itulah sekilas penjelasan kali ini mengenai beberapa aturan yang bisa diterapkan untuk para penderita diabetes yang ingin mengonsumsi makanan manis. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

5 Aturan Makan Makanan Manis Bagi Penderita Diabetes

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!