5 Jenis Makanan Pembangkit Nafsu Makan

5 Jenis Makanan Pembangkit Nafsu Makan

5 Jenis Makanan Pembangkit Nafsu Makan – Ketika Anda sedang tidak nafsu makan, biasanya makanan favorit akan sangat menggugah selera namun Anda tidak merasakan itu. Padahal, saat itu Anda tidak sedang menjalani diet atau menurunkan berat badan.

5 Jenis Makanan Pembangkit Nafsu Makan

Hanya saja Anda merasa tidak minat makan saja. Kehilangan nafsu makan ini memang kerap dianggap sebagai masalah kesehatan yang cukup umum dan disepelekan. Namun sebaiknya berhati-hatilah karena jika tidak segera ditangani dengan tepat, nafsu makan yang menurun bisa mengakibatkan berbagai komplikasi.

Seperti gangguan metabolisme, kekurangan nutrisi, lemas, hingga gangguan asam lambung. Maka untuk menghindari beberapa risiko tersebut perlu disiasati sesegera mungkin. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk simak pada penjelasan di bawah ini :

5 Jenis Makanan Pembangkit Nafsu Makan

Untuk mengatasi berkurangnya selera makan, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan secara alami. Selain itu Anda pun tak perlu minum suplemen penambah nafsu makan tertentu. Dan berikut diantaranya :

  • Rempah-rempah

Jahe, kayu manis, dan lada termasuk yang berkhasiat untuk menambah selera makan Anda. Anda bisa menambahkannya pada teh atau menyeduh teh dengan jahe dan kayu manis.

Rempah-rempahan bisa merangsang sistem pencernaan. Jahe pun terbukti ampuh mengurangi mual dan sakit peruh yang membuat Anda tidak nafsu makan.

  • Sayuran pahit

Sayuran yang pahit seperti daun pepaya, sawi, dan daun singkong dapat merangsang produksi cairan empedu. Cairan empedu ini baik untuk sistem pencernaan dan berguna untuk merangsang nafsu makan.

Anda bisa menyiasatinya dengan mengolahnya dengan kuah berbahan dasar santan yang gurih dan tinggi kalori.

  • Sayuran penambah nafsu makan

selain sayuran pahit, gairah makan pun bisa diselamatkan oleh berbagai sayuran berkhasiat alami lain untuk meningkatkan nafsu makan. Seperti timun, tomat, bawang putih mentah, dan lobak.

Sayuran tersebut kaya akan berbagai vitamin dan zat untuk membantu mengembalikan nutrisi yang hilang atau melawan infeksi.

  • Buah-buahan yang baik untuk pencernaan

Jika Anda tidak selera untuk makan banyak, Anda bisa memilih buah-buahan sebagai camilan sehat, bikin kenyang dan bisa meningkatkan nafsu makan. Lemon, anggur, apel dan blackberry bisa menjadi salah satunya.

Sebab dapat merangsang produksi enzim dan cairan empedu untuk menjaga sistem pencernaan agar bekerja dengan baik.

  • Makanan tinggi kalori

Ketika Anda tidak nafsu makan, tubuh akan menjadi lemas karena kalori yang dibakar sangat sedikit jumlahnya. Semakin lemas, selera makan pun bisa semakin lenyap.

Maka untuk menghentikannya segera siasati dengan memaksimalkan asupan karoli setiap kali Anda makan, meski sedikit.

Demikianlah beberapa tips mudah untuk mengatasi masalah tidak nafsu makan secara alami. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

5 Jenis Makanan Pembangkit Nafsu Makan

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!