5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Kanker Prostat

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Kanker Prostat

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Kanker Prostat – Bagi pria, kanker prostat menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup mengancam dan membahayakan kesehatan. Berdasarkan jurnal World Cancer Reasearch Journal, penyakit ini menempati urutan ke-6 sebagai penyebab kematian pria terbanyak.

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Kanker Prostat

Penyakit ini juga menjadi salah satu ancaman besar bagi kesehatan serta kelangsungan hidup pria. Prostat sendiri merupakan sebuah kelenjar berbentuk kacang kecil pada pria yang berada di bawah kandung kemih. Kelenjar inilah yang bertugas menghasilkan dan mengangkut sperma. Pertumbuhannya pun kerap tak tersadari.

Bahkan penyebaran sel kanker tersebut bisa berlangsung dengan sangat cepat. Oleh sebab itu, sebelum Anda terserang penyakit ini. Ada baiknya kita untuk mencegahnya terlebih dahulu. Berikut beberapa kebiasahat sehari-hari untuk membantu mencegah kanker prostat, meliputi :

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Kanker Prostat

  • Tidak merokok

Selain mengakibatkan kanker paru-paru, merokok juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Penelitian sebelumnya menjelaskan sekitar 24-30% risiko kanker prostat lebih tinggi pada seorang perokok.

Sebab, merokok bisa mengakibatkan seorang terkena prostat agesif, yaitu jenis kanker yang penyebarannya lebih cepat.

  • Kurangi pengonsumsian lemak hewani dan produk susu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi makanan tersebut berisiko lebih tinggi. Pasalnya, mereka menemukan hubungan antara lemak hewani dan kanker prostat.

  • Menjaga berat badan tetap ideal

Beberapa penelitian juga menemukan fakta bahwa berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko kanker prostat. Namun, para peneliti pun belum menemukan hubungan pasti mengapa seorang yang gemuk lebih rentan terkena kanker prostat. Namun, mencegah tentu lebih baik bukan.

  • Banyak mengonsumsi sayuran hijau

Sayuran jenis ini diketahui mengandung sekelompok zat bernama glucosinolates, berupa bahan kimia yang mengandung sulfur. Saat sayuran ini masuk ke pencernaan, zat tersebut akan dipecah untuk membentuk senyawa aktif untuk memberikan efek antikanker.

  • Berolahraga secara rutin

Menjaga tubuh tetap aktif dengan berolahraga dengan rutin dan teratur bisa menjadi salah satu cara terhindar dari kanker prostat. Olahraga ini juga bisa membantu Anda mempertahankan berat badan ideal.

Tak perlu terlalu lama, minimal 15-30 menit perhari atau 3 jam dalam seminggu untuk mendapatkan khasiatnya.

Post By : Info Kita Semua

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah Kanker Prostat

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!