5 Kudapan Pilihan yang Sehat dan Aman untuk Penderita Kolesterol Tinggi

5 Kudapan Pilihan yang Sehat dan Aman untuk Penderita Kolesterol Tinggi

5 Kudapan Pilihan yang Sehat dan Aman untuk Penderita Kolesterol Tinggi – Bagi Anda yang memiliki masalah kolesterol tinggi, mungkin kerap merasa kebingungan dalam memilih camilan yang lezat karna takut bisa memengaruhi kolesterol tinggi Anda.

5 Kudapan Pilihan yang Sehat dan Aman untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Bahkan tak jarang pula para penderita kolesterol tinggi yang justru menghentikan kebiasaan ngemil, untuk menjaga kadar kolesterol tubuhnya supaya tetap normal. Padahal, sebenarnya Anda juga bisa memanfaatkan kebiasaan ngemil tersebut untuk menurunkan kolesterol tubuh asalkan dengan memilih cara yang bijak.

Lantas, camilan apa saja yang baik dan disarankan dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi? Simak beberapa diantaranya seperti di bawah ini. Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi masih bisa meneruskan kebiasaan ngemilnya dengan catatan menghindari makanan yang berbahan dasar dari susu, mentega, atau daging berlemak.

Pasalnya, makanan berlemak tinggi bisa membentuk plak di arteri serta menyumbat jantung. Dan jika terus dibirkan, bisa memicu penyakit stroke, jantung, dan diabetes.

5 Kudapan Pilihan yang Sehat dan Aman untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Untuk itu, jika Anda kebingungan beberapa di bawah ini termasuk rendah kolesterol dan bisa menjadi pilihan, diantaranya :

  • Sayur-sayuran

Sayur-sayuran termasuk bahan makanan yang kaya serat, mineral, dan vitamin untuk tubuh. Tak hanya untuk mengendalikan kadar kolestetol, sayur-sayuran ini juga rendah lemak, kalori dan natrium. Dalam artian, dengan memperbanyak makan sayur bisa mencegah Anda terhindar dari penyakit jantung serta menurunkan kolesterol.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan camilan yang tepat untuk menurunkan kolesterol. Jenis kacang-kacangan dengan banyak kandungan HDL atau kolesterol baik seperti kacang kenari, kacang almod, dan kacang pecan.

Sebuah riset menunjukkan bahwa kacang almond kaya akan lemak tak jenuh yang bagus untuk meningkatkan HDL sekaligus menurunkan LDL atau kolesterol jahat.

  • Oatmeal

Selain sebagai sarapan, Anda juga bisa menyajikan oatmeal sebagai menu camilan sehat. Oatmeal ini mengandung serat larut yang bisa menyerap kolesterol dan memindahkannya ke sistem pencernaan tanpa diserap oleh tubuh.

Oatmeal juga bisa memicu produksi asam epmedu untuk membantu menurunkan kolesterol LDL. Sehingga oatmeal ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

  • Sup sayur dan kacang

Jika dipikir-pikir semangkuk sup ini mungkin bukanlah sebagai camilan. Namun ternyata sup bisa menjadi makanan yang praktis sekaligus rendah lemak jenuh. Selain itu, menambah kacang-kacangan dan sayuran juga bisa memberikan asupan serat larut dan protein yang membuat Anda kenyang lebih lama.

  • Roti gandum

Seorang ahli gizi asal Houston Kristi King, RDN, MPH mengungkapkan bahwa roti gandum utuh sangat baik sebagai camilan penurun kolesterol. Hal ini dikarekanan gandum utuh mengandung sejumlah serat dan protein yang bisa menjaga kolestetol tetap terkendali.

Demikianlah sekilas artikel kali ini mengenai beberapa jenis camilan pilihan yang lezat dan sehat untuk para penderita kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

5 Kudapan Pilihan yang Sehat dan Aman untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!