5 Langkah Mudah Mencegah Epilepsi

5 Langkah Mudah Mencegah Epilepsi

5 Langkah Mudah Mencegah Epilepsi – Penyakit epilepsi merupakan suatu kondisi secara tiba-tiba seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan di otak ini merupakan salah satu penyebab lain terjadinya epilepsi.

5 Langkah Mudah Mencegah Epilepsi

Hanya saja sebagian kasus, tidak mengetahui kenapa mereka bisa mengalami penyakit epilepsi. Kejang merupakan gejala utama epilepsi, namun tidak semua kasus kejang berati ia mengidap epilepsi. Jenis kejang yang timbul akibat epilepsi pun berbeda-beda pada setiap orangnya.

Kondisi epilepsi ini dapat dimulai saat seseorang berada pada usia berapapun. Namun umumnya kerap terjadi sejak mereka masih kanak-kanak. Berdasarakan penyebabnya pun, epilepsi terbagi menjadi 2 jenis yaitu epilepsi idopatik dan epilepsi simptomatik.

Perlu diketahui, bahwa penyakit epilepsi ini dapat menyebabkan kematian mendadak pada penderitanya. Meski secara medis epilepsi tidak bisa disembuhkan, namun upaya pengobatan tentunya harus tetap dilakukan.

5 Langkah Mudah Mencegah Epilepsi

Di bawah ini terdapat beberapa cara pengobatan untuk meminimalisir timbulnya kejang akibat epilepsi. Seperti di bawah ini :

  • Mengatur Asupan Makanan

Mengatur asupan makanan ke dalam tubuh memanglah sesuatu yang diharuskan bagi setiap orang. Khususnya bagi para penderita epilepsi, karena ini bisa membantu agar penderita tidak sering kambuh.

Adapun beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan penderita epilepsi seperti, kacang-kacangan, biji-bijian, udang, lemak, jeroan, kuning telor, kaki sapi, serta segala jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

  • Hindari Stres

Kondisi stres yang dibiarkan tanpa dikelola dengan baik, dapat berdampak dan berpengaruh buruk terhadap otak. Sehingga dapat berisiko menimbulkan kejang yang tidak diinginkan. Sebaiknya, hadapi segala masalah secara santai.

Usahakan untuk jangan membiarkan perasaan buruk berpengaruh pada pikiran dan emosional. Jangan terlalu banyak memikirkan sesuatu hal. Cobalah untuk tenang selalu, dan memiliki pikiran yang positif.

  • Hindari Cedera Kepala

Salah satu penyebab terjadinya epilepsi adalah terdapatnya cedera di kepala. Atasi dan lakukan segala sesuatu dengan benar untuk menghindari cedera. Selalu berhati-hatilah dalam melakukan sesuatu, hindari benturan dan terlu lainnya.

  • Diet Keto

Umumnya diet ini dilakukan di rumah sakit, namun bisa pula diluar rumah sakit asal berada dalam pengawasan dokter. Selama melakukan diet ini, penderita dibatasi dalam mengonsumsi asupan karbohidrat.

  • Cuci Tangan

Apabila penyebab epilepsi ini adalah infeksi, maka Anda harus lebih meningkatkan kebersihan pribadi. Salah satunya dengan selalu mencuci tangan dengan sabun hingga benar-benar besih setelah melakukan sesuatu.

Itulah artikel singkat mengenai beberapa langkah mudah dalam membantu mencegah terjadinya penyakit epilepsi. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

5 Langkah Mudah Mencegah Epilepsi

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!