5 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi

5 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi

5 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi – Sebenarnya, kolesterol merupakan lemak yang terdapat di dalam aliran darah maupun sel tubuh untuk membentuk metabolime tubuh berbagai zat. Fungsinya ialah untuk membuat hormon dan membangun dinding sel.

5 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi

Namun apabila kadar kolesterol terlalu tinggi, tentunya akan sangat membahayakan pula bagi tubuh. Kolesterol tinggi pun dapat dipicu oleh berbagai hal, umumnya disebabkan oleh makanan. Mengonsumsi jenis makanan berkadar kolesterol tinggi sangat tidak dianjurkan karena membahayakan tubuh.

Oleh sebab itu, dari sekarang mulailah jauhi makanan berkadar kolesterol tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Adapun beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari, diantaranya :

  • Gorengan

Segala jenis makanan apapun yang digoreng tentunya memiliki banyak kolesterol jahat. Terutama yang menggunakan metode dengan cara menggoreng atau mencelupkan makanan ke dalam minyak dengan jumlah banyak.

  • Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh dan Lemak Trans

Umumnya, lemak jenuh dapat kamu temukan pada bahan makanan yang berasal dari hewan. Seperti pada keju, mentega, sosis, margarin ataupun minyak babi. Beberapa camilan lain pun seperti susu cokelat, biskuit, kue tar, dan puding. Serta di dalam minyak sawit maupun minyak kelapa.

Begitupun dengan lemak trans, jenis lemak ini banyak digunakan oleh produsen makanan dalam produk mereka dan berfungsi sebagai pengawet makanan.

  • Makanan yang Mengandung Banyak Garam

Sering kali kita tak menyadari bahwa tubuh sudah terlalu banyak mengonsumsi garam. Asupan yodium berlebih pun dapat membuat tekanan darah Anda meningkat. Oleh sebab itu, sebaiknya jauhilah jenis makanan yang mengandung terlalu banyak garam ke dalam tubuh Anda.

  • Makanan Manis

Tak bisa dipungkiri, makanan manis memanglah lezat hingga banyak yang menggemarinya. Namun jangan lupakan, gula dapat menyebabkan penyakit serius termasuk salah satunya dapat memicu kolesterol tinggi.

  • Seafood

Mengonsumsi makanan laut memang baik jika dilakukan dengan cara yang tepat yaitu secara cukup. Karena makanan laut seperti halnya ikan, mengandung omega 3 yang kaya pula akan lemak sehat.

Akan tetapi, ada pula jenis makanan laut yang mengandung kolesterol tinggi. Seperti halnya udang, di dalam udang terkandung sekitar 160 mg kolesterol. Sehingga sebaiknya kamu jauhi.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat memicu timbulnya penyakit kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

5 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!