5 Makanan Rendah Purin Untuk Penderita Asam Urat

5 Makanan Rendah Purin Untuk Penderita Asam Urat

5 Makanan Rendah Purin Untuk Penderita Asam Urat – Menjaga pola makan dan menjaga pola hidup sehat merupakan hal yang wajib dilakukan bagi semua orang. Tidak terkecuali untuk para penderita asam urat. Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bahwa penyakit asam urat akan mudah kambuh secara mendadak dan tanpa terkendali.

5 Makanan Rendah Purin Untuk Penderita Asam Urat

 

Sehingga cara yang paling mudah untuk mengatasi kekambuhan asam urat tersebut, ialah dengan menghindari makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita. Jenis makanan yang mengandung zat purin merupakan salah satu pemicu kambuhnya asam urat tersebut. Meskipun zat purin memang ada dalam tubuh, namun bila purin yang berasal dari makanan terlalu banyak dapat menimbulkan asam urat.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari beragam makanan maupun minuman yang dapat memicu tingginya zat purin dalam tubuh. Maka, kami sarankan beberapa makanan yang mengandung zat purin rendah dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Berikut diantaranya :

5 Makanan Rendah Purin Untuk Penderita Asam Urat

  • Sayuran

Tidak semua sayur dapat dengan mudah dan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Dan tentunya tidak semua jenis sayur mengandung zat purin tinggi. Adapun beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat diantaranya seperti, kubis, selada, daun seledri, kentang, wortel, lobak dan brokoli.

  • Buah-buahan

Bukan hanya buah-buahan saja, sayuran pun ada pula yang mengandung kadar purin rendah. Sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, selain memberikan gizi dan vitamin buah-buahan juga dapat menambah nutrisi tubuh yang hilang. Adapun beberapa jenis buah yang rendak purin diantaranya seperti, apel, alpukat, tomat, strawberi, pisang, melon, ceri, buah naga dan jeruk.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dipercaya memiliki manfaat baik untuk menurunkan risiko terkena depresi. Kacang-kacangan juga dipercaya memiliki kadar zat purin rendah yang mampu mencegah berbagai jenis penyakit termasuk asam urat. Dan adapun beberapa jenis kacang rendah purin dan diajurkan dikonsumsi penderita asam urat. Diantaranya seperti kenari, kacang brazil, kacang tanah, kacang almond, dan hazelnut.

  • Ikan

Beberapa jenis ikan diketahui memiliki kandungan zat purin rendah, sehingga boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Ikan memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk meningkatkan kesehatan. Adapun beberapa jenis ikan rendah purin dan boleh dikosnsumsi penderita asam urat. Diantaranya seperti ikan mas, gurame, belut, ikan kod, makarel, haddock, kakap merah dan sembilang.

  • Olahan Makanan dari Susu

Banyak orang yang mengira bahwa penderita asam urat harus berhati-hati dan tidak dianjurkan mengonsumsi makanan olahan susu. Namun sebenarnya, ada beberapa jenis olahan susu yang rendah purin dan boleh dikonsumsi penderita asam urat. Diantaranya seperti keju cheddar, susu rendah lemak atau skim dan yougurt. Selain karena rendah zat purin, olahan susu juga bermanfaat sebagai menu diet Anda.

Itulah sekilas artikel mengenai cara pentingnya menjaga pola makan dengan menerapkan pola hidup sehat bagi penderita asam urat. Serta beberapa jenis makanan yang boleh dikonsumsi penderita asam urat. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

5 Makanan Rendah Purin Untuk Penderita Asam Urat

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!