5 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

5 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

5 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi – Kolesterol tinggi merupakan salah satu jenis penyakit yang telah banyak menjadi keluhan masyarakat. Jika kolesterol tinggi tersebut tidak segera dikendalikan, maka dampak buruknya bisa mulai bermunculan.

5 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kadar kolesterol tersebut terlalu tinggi melampaui batas normal. Tentu akan sangat membahayakan dan dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan lain, seperti stroke bahkan serangan jantung.

Penyebab paling umum terjadinya kadar kolesterol yang melonjak tinggi ini ialah akibat tidak menjaga pola makan. Maka sebelum ancaman tersebut terjadi, segeralah lakukan pencegahan. Salah satunya Anda bisa memulainya dengan mengatur jenis makanan yang hendak dikonsumsi.

5 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Di bawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang disarankan dan baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Beberapa jenis makanan di bawah ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Berikut diantaranya :

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan makanan yang baik dikonsumsi dan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Sebab, zaitun merupakan minyak yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E.

Kedua nutrisi ini dapat menurunkan kolesterol LDL dan membantu menaikkan kadar kolesterol HDL yang merupakan lemak baik.

  • Ikan Salmon

Jenis ikan ini diperkaya oleh kandungan omega-3 yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat. Menurunkan trigliserida dan meningkatkan produksi kolesterol baik.

Ikan salmon juga mengandng DHA dan EPA yang sangat baik dalam menjaga kesehatan serta fungsi kerja organ jantung.

  • Sayur Bayam

Bayam diketahui memiliki manfaat untuk melindungan kesehatan jantung dari lemak yang terdapat di dalam pembuluh darah. Selain untuk menurunkan kolesterol tinggi, bayam pun bisa berkhasiat pula untuk menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara rutin.

  • Beras Merah

Umumnya, beras merah kerap diperuntukan bagi mereka yang tengah menjalani diet agar bisa menjaga pola makannya. Namun nyatanya, beras merah mengandung magnesium yang bisa membantu menurunkan lemak darah.

Beras merah juga mengandung vitamin B dan selium yang bisa membantu melangsingkan tubuh. Serta kandungan serat tinggi di dalam beras merah pun dapat membantu menurunkan gula darah.

  • Alpukat

Buah Alpukat diketahui mengandung asam lemak tak jenuh tunggal untuk membantu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL. Sekaligus baik untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Alpukat pun tinggi kandungan lain yang sangat baik untuk kesehatan.

Itulah sekilas penjelasan artikel mengenai beberapa jenis makanan yang baik dan disarankan dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

5 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!