5 Makanan untuk Penderita Wasir

5 Makanan untuk Penderita Wasir

5 Makanan untuk Penderita Wasir – Buruknya pola makan merupakan salah satu penyebab utama timbulnya penyakit wasir. Karenanya, jika Anda tidak ingin wasir terus memburuk maka kuncinya ialah dengan menjaga pola dan pengonsumsian makan.

5 Makanan untuk Penderita Wasir

Mengonsumsi jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita, dan menjauhi segala pantangan yang dapat memperburuk keadaan wasir Anda. Salah satu jenis makanan yang harus dan disarankan dikonsumsi oleh penderita wasir adalah makanan kaya serat. Seperti di dalam buah-buahan ataupun sayur-sayuran.

Jenis kandungan tinggi serat tersebut sangat dibutuhkan penderita wasir. Sebab jenis makanan tinggi serat dalam membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Lalu, jenis makanan apasaja yang disarankan dikonsumsi penderita wasir. Berikut diantaranya :

5 Makanan untuk Penderita Wasir

  • Buah-buahan tinggi serat

Mengonsumsi buah segar tanpa mengupasnya terlebih dahulu sangat disarankan bagi penderita wasir. Kulit buah diketahui mengandung serat dan nutrisi tinggi untuk pencernaan. Dengan lancarnya sistem pencernaan maka risiko sembelit pun takkan terlalu tinggi. Seperti apel, angger, kismis dan blueberry.

  • Jenis sayuran hijau

Sayur daun hijau memang terkenal dengan kandungan serat yang tinggi. Serta sayur hijau pun mengandung antioksidan dan nutrisi yang baik untuk proses pencernaan. Beberapa jenis sayuran hijau seperti buncis, paprika, seledri, selada, wortel, pare dan timun jepang.

  • Biji-bijian utuh

Jenis biji-bijian merupakan sumber serat paling baik untuk membantu melancarkan proses buang air besar. Beberapa jenis makanan ini diantaranya gandum utuh, dedak sereal, oatmeal, beras merah dan roti whole grain.

  • Kacang-kacangan

Karena kacang-kacangan merupakan jenis makanan tinggi serat dan nutrisi, sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsinya lebih banyak dalam sehari-hari Anda. Terutama untuk penderita wasir. Jenis kacang seperti kacang hijau, kacang polong, kacang merah dan jagung.

  • Yoghurt

Youghurt merupakan susu permentasi rendah lemak namun kaya akan serat. Maka yoghurt bisa menjadi makanan yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga yoghurt dapat mengurangi risiko terjadinya sembelit yang bisa memperburuk wasir.

Itulah sekilas artikel mengenai beberapa jenis makanan yang baik dan disarankan dikonsumsi oleh para penderita wasir. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

5 Makanan untuk Penderita Wasir

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!