5 Pantangan Sayur untuk Penderita Asam Urat

5 Pantangan Sayur untuk Penderita Asam Urat

5 Pantangan Sayur untuk Penderita Asam Urat – Selain beberapa makanan, ada pula beberapa sayur yang menjadi pantangan bagi para penderita asam urat. Asam urat sendiri merupakan salah satu penyakit persendian yang terjadi karena adanya penumpukkan kadar zat purin berlebih di dalam tubuh. Dan penumpukan zat tersebut ialah senyawa yang berasal dari makanan.

5 Pantangan Sayur untuk Penderita Asam Urat

 

Peningkatan zat purin berlebih dalam darah tersebut kemudian menyebabkan terjadina pembekuan kristal-kristal asam urat tajam pada persendian. Hingga akhirnya mengakibatkan rasa linu dan nyeri di area persendian. Sebenarnya, zat putin memang dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh untuk meregenerasi sel-sel mati pada tulang rawan. Namun, jika kadar tersebut melebihi batas normal akan menyebabkan asam urat. Adapun beberapa jenis sayuran yang menjadi pantangan bagi para penderita asam urat diantaranya :

  • Daun Melinjo

Tidak hanya bijinya saja, daun melinjo juga dilarang pengonsumsiannya bagi penderita asam urat. Daun melinjo memiliki dampat pada peningkatan volume urine dan pembesaran ginjal. Sehingga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita asam urat.

  • Daun Singkong

Meskipun daun singkong erat kaitannya dengan lalapan yang sering menemani makan. Baru-baru ini diketahui, bahwa daun singkong mengandung senyawa yang membahayakan bagi penderita asam urat karena dapat meningkatkan asam urat secara drastis. Dan kondisi tersebut dapat memicu pada kecacatan hingga kelumpuhan.

  • Asparagus

Sejenis sayuran yang sering digunakan sebagai pelengkap pada masakan maupun sup ini. Memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan. Namun tidak bagi penderita asam urat, asparagus mengandung zat purin tinggi yang membahayakan bagi penderita asam urat. Asparagus juga bisa menyebabkan terjadinya peningkatan asam urat dengan 2 kali lebih cepat.

  • Kangkung

Kangkung seakan menjadi makanan wajib dalam menu sehari-hari, karena termasuk ke dalam jenis sayur dengan harga yang sangat ekonomis bagi warga Indonesia. Namun meski kangkung kaya akan vitamin, ternyata kangkung juga mengandung zat purin di dalamnya. Sehingga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita asam urat apalagi saat sedang kambuh.

  • Jengkol dan Petai

Cita rasa yang khas dari jengkol ini membuatnya menjadi primadona makanan bagi para pecintanya. Dibalik baunya yang dirasa kurang sedap, jengkol mengandung banyak nutrisi. Namun juga, jengkol tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Karena jengkol mengandung asam jengkolat sejenis asam amino yang dapat menciptakan kristal-kristal tajam asam urat dalam pembuluh darah. Begitupun dengan petai.

Itulah sekilas artikel mengenai beberapa jenis pantangan sayur-sayuran yang harus dihindari oleh para penderita asam urat. Serta bahaya yang terkandung dalam sayur-sayuran tersebut bagi penderita asam urat. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!