Bahaya Asam Lambung Tanpa Pengobatan

Bahaya Asam Lambung Tanpa Pengobatan – Tingkat atau kadar asam lambung terlalu berlebihan dan tidak segera ditangani tentu akan menyebabkan berbagai jenis penyakit kesehatan lainnya. Bahkan bahaya terburuk yang bisa terjadi akibat asam lambung ialah dapat mengancam jiwa penderitanya.

Bahaya Asam Lambung Tanpa Pengobatan

Bahaya Asam Lambung Tanpa Pengobatan

Penyakit asam lambung sendiri, merupakan salah satu jenis penyakit dengan kondisi yang bisa berbuah menjadi asam lambung kronis. Cairan asam lambung ini umumnya berguna untuk membantu proses pencernaan, yaitu untuk menyerap nutrisi seperti kalsium, zat besi, dan vitamin B12, hingga membasmi bakteri yang masuk melalui makanan.

Cairan lambung atau asam lambung ini terdiri dari campuran air, pepsin, asam klorida, lendir, elektrolit, faktor intrinsik dan zat organin berupa pepsin, protein dan lendir. Cairan asam lambung ini sangatlah asam sehingga berisiko tinggi mengikis dinding lambung. Dan jika asam tersebut terlalu berlebihan serta dibiarkan begitu saja.

Maka, bahaya asam lambung pun tentu akan mengintai kesehatan tubuh hingga menimbulkan beberapa penyakit lain akibat asam lambung. Bahkan, menurut salah seorang dokter terkemuka mengemukakan bahwa jangan menyepelekan masalah asam lambung ini. Terlebih lagi jika dibiarkan begiu saja tanpa penanganan.

Bahaya Asam Lambung Tanpa Pengobatan

Diketahui, terdapat beberapa penyakis asam lambung kronis tanpa pengobatan. Berikut beberapa bahaya diantaranya :

  • Nyeri ulu hati

Ketika kadar asam lambung naik ke kerongkongan, sensai rasa perih dan sakit di dada dan tenggorokan dipasitikan akan terasa. Rasa sakit tersebut akan lebih parah saat penderita membungkuk atau berbaring.

  • Gigi Rusak

Naiknya asam lambung ke mulut dan esofagus, dapat mengikis enamel gigi atau lapisan luar gigi. Sehingga gigi pun menjadi rusak hingga mencapai stadium lanjut.

  • Masalah Pernapasan

Penyakit asam lambung diketahui juga bisa memperparah penyakit asma atau pneumonia. Sehingga untuk bernapas pun susah dan merasakan kesulitan bernapas.

  • Inflamasi pada Kerongkongan

Saat memasuki kerongkongan, cairan asam lambung dapat mengiritasi lapisan esofagus sampai membengkak dan sakit atau sulit menelan. Serta dapat menimbulkan peradangan bahkan borok atau luka di kerongkongan.

  • Esofagus Barrett

Jika asam lambung tersebut dibiarkan selama bertahun-tahun, cairan asam lambung yang naik dapat menyebabkan esofagus barret. Berupa komplikasi serius dari penyakit asam lambung. Penyakit ini pun kerap tanpa gejala, sehingga bahaya utama dari kondisi ini dapat terjadi kanker esofagus hingga berisiko kematian.

  • Kanker Kerongkongan

Dalam kasus yang lebih serius, bahaya asam lambung tanpa pengobatan adalah dapat menimbulkan kanker kerongkongan. Beberapa gejalanya seperti nyeri dada dan sulit menelan, penurunan berat badan, bahkan kemunculannya dapat terlihat saat penyakit sudah mencapai tahap lanjut dan sulit diobati.

Itulah sekilas artikel mengenai beberapa bahaya penyakit asam lambung kronis yang dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Bahaya Asam Lambung Tanpa Pengobatan

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!