Bahaya Batu Empedu Tanpa Pengobatan

Bahaya Batu Empedu Tanpa Pengobatan

Bahaya Batu Empedu Tanpa Pengobatan – Batu empedu merupakan sejenis penyakit berupa batuan kecil yang dihasilkan dari kolesterol, dan terbentuk di bagian saluran empedu tubuh. Sebagian besar kasus, hampir seluruhnya memang tidak menimbulkan gejala apapun.

Bahaya Batu Empedu Tanpa Pengobatan

Namun terkadang, batu empedu dapat menyumbat ujung empedu hingga menimbulkan rasa sakit yang cukup hebat secara mendadak. Dan rasa nyeri dapat bertahan dalam hitungan jam. Ukuran batu empedu sendiri bermacam-macam, mulai dari sekecil butiran pasir saja dan bisa sampai sebesar bola pingpong.

Meskipun sebagian besar kasus batu empedu jarang sekali menimbulkan gejala, namun ada pula kasus batu empedu yang memiliki gejala. Bahkan, gejala tersebut bisa muncul dikemudian hari yang disertai dengan bahaya. Terlebih lagi, pada kasus batu empedu yang tidak segera ditangani.

Bahaya Batu Empedu Tanpa Pengobatan

Adapun beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan penyakit batu empedu karena tidak segera ditangani. Beberapa diantaranya seperti :

  • Radang Kantong Empedu

Batu empedu yang terletak pada leher kandung empedu akan menyebabkan terjadinya inflamasi atau peradangan pada kantong empedu. Biasanya akan muncul gejala rasa sakit yang sangat parah disertai demam.

  • Saluran Empedu Mengalami Penyumbatan

Ketika penyakit ini tidak segera ditangani, penyumbatan batu empedu dapat terjadi. Yaitu pada bagian tuba atau saluran empedu yang mengalir dari hati ke usus halus dan dari kantong empedu. Selain itu, infeksi atau penyakit kuning pun dapat saja terjadi.

  • Kanker Batu Empedu

Meski kemungkinannya sangat jarang, penderita batu empedu akan berisiko lebih tinggi terkena kanker empedu. Biasanya, untuk mencegah kanker batu empedu akan disarankan untuk melakukan operasi pengangkatan. Apalagi jika penderita mempunyai tingkat kalsium tinggi.

  • Peritonitis

Merupakan perangan yang terjadi pada bagian perut lapisan dalam. Penyebab komplikasi ini dapat terjadi karena pecahnya kantong empedu yang mengalami peradangan parah.

  • Pankreatitis Akut

Bahaya yang satu ini dapat terjadi apabila batu empedu mengalami penyumbatan di saluran pankreas dan tidak bisa keluar. Rasa nyeri yang teramat sangat bisa dirasakan pada bagian tengah perut, yaitu pada organ pankreas. Bahkan, rasa nyeri akan terasa lebih parah hingga menjalar ke punggung. Terlebih lagi setelah makan.

Itulah sekilas artikel mengenai sederet beberapa bahaya yang bisa timbul akibat penyakit batu empedu yang tidak segera ditangani. Semoga bemanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Bahaya Batu Empedu Tanpa Pengobatan

Leave a Reply

Chat Via WhatsApp