Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa – Terkadang setelah beberapa hari menjalankan ibadah puasa, kita akan merasakan beberapa kendala yang dialami. Hal itu dikarenakan kita mengalami dehidrasi ataupun penurunan kekebalan tubuh. Salah satunya adalah masalah sakit tenggorokan.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Kemunculan sakit tenggorokan ini terkadang akan memicu demam, sulit berbicara maupun gejala lainnya. Sakit tenggorokan sendiri dapat terjadi karena kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh, hingga akhirnya dapat memicu bakteri berkembang pada tenggorokan. Tak jarang pula, diantara mereka yang mengalami sakit tenggorokan memutuskan untuk pergi ke dokter untuk mengatasinya.

Akan tetapi, berbanding terbalik dengan perjelasan dari dokter spesialis penyakit dalam dari Brigham Amerika Serikat. Yang mengatakan bahwa pertolongan pertama saat sakit tenggorokan bukanlah pergi ke dokter. Melainkan terdapat di ruman kita sendiri.

Nah, untuk meredakan sakit tenggorokan Anda dengan cepat pada bulan puasa pun mudah. Dan tentunya bisa dilakukan di rumah tanpa perlu pergi ke dokter. Berikut beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa :

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa

  • Cukupi Kebutuhan Vitamin C

Mengonsumsi makanan maupun minuman yang kaya akan vitamin C bisa dilakukan untuk atasi sakit tenggorokan ini. Selain itu, vitamin C pun mampu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan.

  • Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Saat berpuasa, kondisi tubuh tentunya akan mengalami kekurangan cairan karena tidak makan dan minum. Namun untuk mengatasinya, Anda bisa minum saat bersahur dan berbuka dengan dianjurkan 8 gelas perhati. Anda dapat membaginya di malam hari agar tenggorokan tidak terasa kering serta untuk meredakan rasa sakitnya.

  • Kurangi Konsumsi Gorengan

Di dalam gorengan terkandung minyak yang tentunya harus dihindari saat sakit tenggorokan menyerang. Serta untuk menghindari rasa sakit yang bertambah parah.

  • Konsumsi Sup

Sup dapat menjadi menu yang wajib dipilih bagi penderita sakit tenggorokan. Saat sakit tenggorokan menyerang, tentunya Anda akan kesulitan saat menelan. Nah, untuk mengatasinya pun bisa diatasi dengan sup asam jawa. Sup asam jawa ini mampu membunuh bakteri di dalam tubuh untuk melawan peradangan yang terjadi.

  • Beristirahat

Cara ini merupakan yang paling mudah dan ringan, serta tanpa memerlukan biaya. Pada penderita sakit tenggorokan diusahakan untuk istirahat saat siang dan malam hari secara cukup. Hal ini berupaya untuk membantu tubuh dalam melawan virus maupun penyakit yang ada di dalam tubuh. Terutama saat sedang sakit.

  • Minum Obat Batuk

Apabila untuk diminum saat sahur, sebaiknya pilihlah obat yang tidak menimbulkan rasa sakit untuk mencegah terganggunya aktivitas. Namun apabila diminum setelah berbuka, minumlah yang menyebabkan kantuk agar bisa diteruskan dengan beristirahat.

Itulah sekilas artikel mengenai cara mudah mengatasi sakit tenggorokan yang terjadi saat bulan puasa. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!