Cara Mengobati Asam Lambung dengan Daun Apu-apu

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Daun Apu-apu – Tanaman yang satu ini memang masih terdengar asing bagi banyak orang. Dan mungkin ada pula sebagian orang yang sudah tak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Tanaman hias yang mengapung di air ini sering kita jumpai di sungai-sungai.

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Daun Apu-apu

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Daun Apu-apu

Tanaman ini memiliki daun tunggal yang membentuk roset akar, helaian daun tebal dan berongga seperti spon, dengan ujung membulat dan berlekuk, pertulangan sejajar, kedua permukaan berambut. Daun apu memiliki warna hijau cerah dan akar serabutnya berwarna putih kotor.

Tanaman apu-apu ini sangat banyak manfaatnya dan telah dipercayai banyak orang akan khasiatnya yang bisa menyembuhkan penyakit asam lambung. Adapun ketiga senyawa kimia flovonoid, tanin dan juga polifenol yang terdapat dalam daun apu-apu ini merupakan antioksidan alami yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan menangkal dampak buruk radikal bebas.

Adapun yang di maksud dengan asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) yaitu penyakit yang menyerang bagian lambung yang disebabkan karena naiknya asam lambung ke esofagus dan menyebarkan rasa nyeri pada uluh hati dan sering muncul rasa terbakar di daerah dada.

Kadar asam lambung yang tinggi biasanya ditandai dengan sakit pada bagian perut yang terasa melilit seperti di tusuk-tusuk dan yang pasti membuat perut menjadi tidak nyaman. Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang sangat mudah kambuh kapan saja. Asam lambung yang tinggi jika tidak cepat diatasi bisa menjadi kronis dan berakibat fatal.

Gejala Asam Lambung :

  • Mual dan muntah
  • Hilangnya nafsu makan
  • Sering merasakan perih/kembung di ulu hati
  • Rasa perih ketika makan
  • Kehilangan berat badan drastis
  • Terasa ada benjolan disekitar kerongkongan ketika akan menelan makanan atau minuman.

Sifat yang ada dalam tanaman apu-apu ini ialah menyejukkan tubuh, anti rematik, anti radang, diaforetik, dan juga diuretik yang akan mengobati gejala-gejala asam lambung, sehingga penderita tidak akan merasakannya lagi. Adapun cara pengolahan daun apu sebagai obat untuk asam lambung, Anda bisa ikuti cara di bawah ini.

Cara mengolah daun apu-apu untuk asam lambung :

  • Ambil 15 lembar daun apu yang masih segar, lalu cuci bersih
  • Selanjutnya rebus daun apu dengan 3 gelas air selama 15 menit
  • Setelah matang, saring terlebih dahulu
  • Minumlah air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Itulah sekilas artikel mengenai “Cara Mengobati Asam Lambung dengan Daun Apu-apu”
Semoga bermanfaat & Terimakasih 🙂

Post By : Info Kita Semua

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Daun Apu-apu

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!