Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Meniran

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Meniran – Bernama latin Phyllanthus urinaria dari familia Phyllanthaceae atau lebih dikenal dengan nama Meniran. Merupakan sejenis tanaman yang berbatang bulat, bersifat basah dan memiliki tinggi kurang dari 50 cm saja. Daun meniran sangat mirip dengan daun putri malu.

Namun bedanya, tanaman ini tidak menguncup saat disentuh seperti halnya tanaman daun putri malu. Tanaman meniran pun tidak dibudidayakan serta tidak dipelihara karena dianggap sebagai tumbuhan rumput biasa. Tanaman menirandapat tumbuh subur di tempat yang lembah pada dataran rendah. Daun meniran pun banyak digunakan masyarakat sebagai salah satu tanaman alami untuk pengobatan.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Meniran

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Meniran

Akar serta daun tanaman meniran mengandung senyawa flavonid. Yang terdiri dari kuersetrin, isokuersetrin, glikosida flavanoid, serta astragalin. Bahkan dari sebuah penelitian dari IP Bogor, telah menemukan bahwa kadungan enzim xantin oksidase di dalam daun meniran sangat berpotensi dalam membantu menurunkan kadar asam urat.

Sehingga daun meniran pun kerap digunakan sebagai tanamana alami dalam pengobatan asam urat secara alami. Baru-baru ini pun ditemukan, bahwa meniran memiliki aktifitas imunomodulator yang sangat penting dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa alami flavonoid dalam meniran pun dapat bekerja sebagai antiinflamasi.

Kandungan flavonoid yang tersusus di dalam meniran terdiri dari beberapa unsur kimia. Seperti astragalin, isoquercitrin, rutin, quercetin, dan quercitrin. Dan kandungan flavonoid ini dapat bekerja dengan sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama dalam mengatasi penyakit asam urat.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sekarang ini tengah terserang penyakit asam urat. Anda dapat mencoba pengobatan alami untuk pengobatan asam urat Anda menggunakan daun meniran ini. Untuk cara pengolahan daun meniran menjadi ramuan alami untuk obati asam urat. Bisa dilakukan dengan cara mudah seperti di bawah ini :

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Meniran :

  • Siapkan 5 pohon meniran segar dan daun kumis kucing 5 helai
  • Cuci bersih kedua bahan terlebih dahulu
  • Setelah itu, rebus menggunakan air hingga matang
  • Jika sudah, angkat dan saring serta dinginkan terlebih dahulu dan tuangkan ke dalam gelas
  • Minum ramuan daun meniran ini secara rutin 2 kali dalam sehari.

Itulah sekilas artikel mengenai cara mudah mengobati penyakit asam urat menggunakan cara alami memanfaatkan tanaman meniran. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Meniran

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!