Cara Mengobati Asam Urat dengan Tanaman Beluntas

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tanaman Beluntas

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tanaman Beluntas – Bernama latin Pluchea indica dari famili Asteraceae atau lebih dikenal dengan nama beluntas. Merupakan sejenis tanaman semak yang berbulu lembut, bercabang banyak dan berusuk halus.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tanaman Beluntas

Tanaman beluntas umumnya ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuha liar, sehingga kerap kali ditanam sebagai pagar pekarangan. Beluntas dapat tumbuh di daerah kering atau tanah yang keras, bahkan yang berbatu sekalipun. Memerlukan cahaya yang cukup dan perkembangannya dapat dilakukan dengan stek pada batang yang cukup tua.

Tanaman beluntas juga kerap disebut sebagai tanaman obat karena memiliki khasiat baik untuk membantu pengobatan berbagai penyakit. Yang salah satunya adalah kerap dimanfaatkan untuk membantu mengobati masalah penyakit persendian seperti asam urat.

Bagian tanaman beluntas yang kerap dimanfaatkan untuk bahan pengobatan ialah daun dan akarnya. Daun beluntas mengandung alkanoid, natrium, minyak atsiri, kalsium, flavonoida, magensium, fosfor dan tanin.

Sedangkan daunnya mengandung dua senyawa yaitu flanoid dan tannin. Daun beluntas juga memiliki aroma bau yang khas dengan rasanya yang getir serta menyegarkan. Sedangkan akar beluntas memiliki sifat peluruh keringat dan penyejuk.

Umumnya memang benar, pengobatan menggunakan cara alami terbukti lebih aman dan efektif digunakan sebagai pengobatan alami untuk obati asam urat Anda saat ini. Tanaman beluntas pun diketahui memiliki kandungan senyawa yang berkhasiat untuk pengobatan.

Maka dari itu, memilih beluntas menjadi bahan alami untuk pengobatan asam urat Anda cocok dan sangat disarankan saat ini. Meski rasanya getir, namun cobalah terlebih dahulu mengobati asam urat Anda dengan tanaman beluntas ini. Untuk cara pengolahannya sendiri mudah, dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tanaman Beluntas :

  • Siapkan daun dan akar beluntas sekitar 5 gram
  • Siapkan juga kencur 7 gram, temulawak 5 gram, serta kunyit 5 gram
  • Cuci bersih semua bahan terlebih dahulu
  • Setelah itu, rebuslah semua bahan menggunakan air secukupnya
  • Tunggu hingga rebusan mendidih dan menyisakan air untuk segelas saja
  • Jika sudah, angkat saring lalu tuangkan ramuan ke dalam gelas
  • Minum rebusan beluntas tersebut secara rutin dalam keadaan masih hangat.

ITulah sekilas artikel mengenai cara mengobati gangguan penyakit asam urat menggunakan cara alami memanfaatkan tanaman obat beluntas. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!