Cara Mengobati Asam Urat dengan Tempuyung

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tempuyung – Hingga saat ini, penyakit asam urat memang telah banyak dan sering diderita masyarakat. Terutama mereka yang sudah melebihi usia 30 tahun. Namun jangan kira asam urat ini penyakit ringan.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tempuyung

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tempuyung

Karena asam urat yang meradang terus menerus akan menimbulkan rasa sakit hingga tak tertahankan pada setiap penderitanya. Sejatinya, kadar asam urat memang ada di dalam tubuh. Namun jika kadar asam urat tersebut terlalu berlebih di dalam tubuh tentunya akan sangat membahayakan.

Penyakit asam urat pun tak hanya menanggalkan rasa sakit saja, melainkan kerap disertai dengan pembengkakan, kemerahan dan bahkan menyulitkan ruang gerak penderita. Selain itu, asam urat pun kerap menimbulkan kekambuhan yang sangat menyiksa penderitanya. Terlebih lagi kekambuhan tersebut kambuh atau terasa saat malam hari.

Dewasa ini, diketahui telah semakin terdengan banyak orang-orang yang menderita asam urat. Berdasarkan hasil survey, bahwa 3 dari 1000 orang yang menderita asam urat kronis. Yang umumnya gejala asam urat tersebut banyak ditemui pada penderita laki-laki dengan usia lebih dari 40 tahun dan perempuan setelah menopause.

Perihal asam urat ini, ternyata sudah banyak cara yang bisa digunakan untuk pengobatan asam urat ini. Mulai dari pengobatan medis dari obat kimia hingga penggunaan bahan alami dari beragam jenis tanaman. Nah, kali ini kita akan mengupas salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk pengobatan asam urat yaitu tempuyung.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tempuyung

Tempuyung merupakan sejenis tumbuhan menahun yang memiliki akal tunggang kuat dan mengandung getah. Tempuyung juga tumbuh liar di tempat yang terbuka asalkan sedikit terlindung dan terkena sinar matahari. Tempuyung pun diketahui banyak mengandung senyawa kimia yang bisa berkhasiat untuk membantu pengobatan beberapa penyakit.

Di dalam akar tempuyung diketahui terkandung senyawa alkaloid dan flavonoid seperi apigenin-7-0-glukosida. Yang berupa jenis flavonoid dengan potensi cukup dalam menghambat kerja superoksidase dan enzim xantin oksidasi. Sehingga asam urat pun akan berkurang bahkan terhambat untuk terbentuk. Adapun untuk cara pengolahannya, bisa dilakukan seperti cara di bawah :

  • Siapkan daun tempuyung segar sebanyak 30 gram dan 3 gelas air bersih
  • Cuci hingga bersih daun tempuyung terlebih dahulu
  • Setelah itu, tebus hingga mendidih dan menyisakan untuk segelas saja
  • Jika sudah, dinginkan terlebih dahulu lalu minum secara rutin dan teratur.

Itulah sekilas artikel mengenai cara mudah mengolah daun tempuyung menjadi ramuan alami untuk pengobatan asam urat. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Cara Mengobati Asam Urat dengan Tempuyung

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!