Cara Mengobati Benjolan Asam Urat yang Pecah

Cara Mengobati Benjolan Asam Urat yang Pecah

Cara Mengobati Benjolan Asam Urat yang Pecah – Sebelum membahas lebih jauh mengenai benjolan asam urat yang pecah, sebaiknya ketahui dulu apa yang dinamakan dengan benjolan asam urat. Yaitu sejenis benjolan yang terbentuk dari kondisi penyakit asam urat.

Cara Mengobati Benjolan Asam Urat yang Pecah

Benjolan asam urat ini juga tergolong ke dalam salah satu komplikasi berbagai jenis penyakit asam urat. Dalam istilah medis, benjolan asam urat ini disebut dengan tofi atau benjolan keras yang bisa muncul saat kondisi asam urat telah semakin parah. Benjolan ini terbentuk karena adanya penumpukan kristal asam urat di bagian bawah kulit.

Yang bisa terjadi karena ketidakmampuan tubuh dalam mengekskresikan jumlah kadar asam urat berlebih. Secara umum memang tidak menimbulkan rasa sakit, namun kondisinya bisa membengkak dan mengeras saat terjadi serangan asam urat pada tubuh. Maka jika Anda mengalami benjolan akibat asam urat ini, sebaiknya segeralah obati.

Kondisi asam urat lama kelamaan bisa semakin membesar dengan rasa nyeri hebat. Dan kadar asam urat tubuh sudah sangat tinggi, maka tofi tersebut bisa pecah. Jika demikian, Anda harus sangat berhati-hati, sebab pecahnya tofi tersebut bisa menimbulkan beberapa dampak.

Adapun beberapa dampak tersebut, diantaranya :

  • Menimbulkan risiko infeksi

Selain menimbulkan luka terbuka, pecahnya tofi juga bisa mningkatkan risiko infeksi. Sehingga tentu bisa memperparah kondisi tersebut.

  • Rasa nyeri dan sakit

Tentunya, pecahnya benjolan tofi pasti menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada area luka tersebut. Rasa sakit dan nyeri ini juga merupakan gejala sakit asam urat yang sangat mengganggu.

  • Munculnya cairan menyerupai pasta gigi

Pecahnya benjolan tofi tersebut bisa menimbulkan cairan menyerupai pasta gigi. Cairan tersebut merupakan campuran antara kristal asam urat dan nanah yang menumpuk pada benjolan.

Cara Mengobati Benjolan Asam Urat yang Pecah

Tentunya, Anda tidak ingin bukan mengalami dampak buruk seperti penjelasan di atas. Untuk itu, mencegah dan mengatasi kondisi tersebut tentu diperlukan agar kondisi asam urat Anda tidak terus memburuk.

Dan berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan sebagai upaa untuk mencegah pecahnya benjolan asam urat, diantaranya :

  • Menurunkan kadar asam urat

Hal paling utama yang perlu dilakukan ialah menurunkan kadar asam urat. Sehingga dapat meminimalisir kemungkinan pecahnya benjolan tersebut.

  • Melakukan perawatan luka

Supaya luka yang terbuka akibat benjolan tofi tersebut tidak terinfeksi. Maka harud dirawat dan dibersihkan dengan benar.

  • Mengonsumsi obat antibiotik dan obat nyeri

Cara yang satu ini tentu harus pula dilakukan bahkan wajib dilakukan. Sebab jika asam urat dibiarkan terus menerus tanpa pengobatan tentu bisa membahayakan penderita itu sendiri.

Itulah penjelasan singkat mengenai dampak buruk pecahnya benjolan asam urat atau benjolan tofi. Serta 3 Cara Mengobati Benjolan Asam Urat yang Pecah. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Cara Mengobati Benjolan Asam Urat yang Pecah

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!