Cara Mengobati Diare dengan Wortel

Cara Mengobati Diare dengan Wortel

Cara Mengobati Diare dengan Wortel – Di musim dingin seperti sekarang ini tubuh kita pasti akan mudah untuk terjangkit penyakit, seperti flu, batuk, dan salah satunya juga diare. Kalau sudah terserang diare, tubuh kita akan terasa lemas, lesu, perut mulas atau sakit, pikiran tidak tenang, badanpun akan terasa pegal. Dan jika gejala itu muncul, aktivitas kita pun akan terganggu.

Cara Mengobati Diare dengan Wortel

Diare itu sendiri merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi saluran pencernaan, dan biasanya bakteri itu masuk melalui makanan atau minuman yang kita konsumsi. Dengan begitu saluran pencernaan kita akan terganggu dengan ditandai seringnya buang air besar dengan kondisi tinja atau feses yang encer.

Untuk itu, sebelum kita mengonsumsi makanan dan minuman, perhatikan dulu kebersihannya agar terhindar dari bakteri yang menyebabkan diare, karena diare merupakan penyakit yang beresiko dapat menular dan menyebar. Berikut ini cara untuk mencegah terjadinya diare : 

Cara Mengobati Diare dengan Wortel

  • Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan
  • Hindari makanan dengan kebersihan yang diragukan
  • Jangan meminum air yang belum masak atau air keran
  • Usahakan selalu memilih bahan makanan yang masih segar
  • Memisahkan makanan yang mentah dengan yang matang
  • Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Pada dasarnya pencegahan terhadap diare tergantung dengan kedisiplinan diri sendiri dan menjaga lingkungan sekitar. Namun, jika sudah menderita diare maka perlu penanganan dan pengobatan, salah satunya ialah dengan ramuan alami dari wortel.

Sayuran yang dikenal dengan Vitamin A yang tinggi ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah diare. Kandungan gizi dalam wortel seperti kalori, karbohidrat, gula dan protein. Selain Vitamin A, wortel juga mengandung Vitamin C, Antioksidan seperti beta-karoten. yang menjadikan wortel memiliki warna oranye yang cukup terang.

Kandungan Beta-karoten inilah yang akan diserap oleh usus dan diubah menjadi Vitamin A yang sangat baik untuk proses pencernaan. Jadi, wortel ini juga sangat efektif untuk mengatasi masalah diare. Untuk cara pengolahannya sendiri ialah dengan cara :

  1. Siapkan 2-3 buah wortel, cuci bersih
  2. Lalu iris tipis-tipis
  3. Masak dengan 8 gelas air mendidih
  4. Tambahkan garam untuk penyedap rasa

Konsumsi sup wortel ini 2 kali sehari. Selain dikonsumsi dengan cara dibikin sup, Anda juga bisa megolahnya sebagai jus wortel. Jadi, dengan mengonsumsi wortel kebutuhan kesehatan tubuh kita akan terpenuhi.

Sekian artikel tentang “Cara Mengobati Diare dengan Wortel”. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Post By : Info Kita Semua

Cara Mengobati Diare dengan Wortel

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!