Cara Mengobati Gatal dengan Petai Cina

Cara Mengobati Gatal dengan Petai Cina

Cara Mengobati Gatal dengan Petai Cina – Terdapat banyak sekali jenis tanaman herbal tradisional di sekitar kita, yang bisa digunakan untuk pengobatan. Termasuk untuk membantu mengobati masalah gatal pada kulit.

Cara Mengobati Gatal dengan Petai Cina

Masalah gatal atau dalam istilah medis disebut dengan pruritur, merupakan suatu kondisi yang sangat umum terjadi. Gatal ini sangat membuat penderitanya tidak nyaman, cemas, gangguan tidur, mengganggu aktifitas sehari-hari dan bahkan bisa sampai mengalami depresi.

Anda pun harus berhati-hati jika mengalami rasa gatal yang terjadi dalam waktu yang lama dan disertai gejala lainnya. Masalah gatal dapat terasa pada area tertentu saja, hingga terjadi pada seluruh tubuh. Ruam atau kulit kemerahaan merupakan gejala paling umum dari masalah gatal.

Umumnya, masalah gatal ini bisa reda dengan sendirinya, namun tak jarang pula kasus gatal yang harus ditangani pengobatan untuk menghilangkannya. Gatal yang tak kunjung mereda setelah beberapa lama pun patut Anda waspadai, sebab dapat saja ini merupakan indikasi dari penyakit yang lebih serius.

Mengenali penyebabnya pun bisa sangat dipentimbangkan, guna untuk mengetahui langkah apa yang harus dilakukan dengan tepat. Nah, di bawah ini terdapat beberapa indikasi penyebab terjadinya masalah gatal :

  • Gigitan serangga
  • Penyakit kulit, seperti prurigo, kudis, eksim. Umumnya dirasakan pada area tertentu.
  • Gangguan saraf, saraf kejepit, diabetes, herpes dan lainnya
  • Kulit kering, biasanya terjadi akibat lingkungan, seperti kelembapan rendah, terlalu lama mandi atau mencuci, hingga akibat berlama-lama di ruangan ber-AC.
  • Penyakit dalam, eperti anemia defisiensi besi, gagal ginjal, sirosis, leukimia dan lainnya.
  • Reaksi alergi atau iritasi bahan tertentu.
  • Infeksi, seperti jamur, kurap dan cacar
  • Menopause, perubahan hormon.
  • Kondisi psikologis
  • Perubahan hormon saat hamil.

Cara Mengobati Gatal dengan Petai Cina

Secara refleks, penderita gatal akan menggaruk bagian kulit yang terasa gatal tersebut. Namun sebenarnya itu bukanlah hal yang benar. Menggaruk kulit yang gatal hanya dapat memperburuk kondisinya. Seperti membuatnya luka, menimbulkan bekas, hingga kulit menjadi terinfeksi.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut dan untuk membantu mengobati masalah gatal Anda saat ini. Kami memiliki saran terbaik yang bisa Anda pilih untuk membantu mengobati masalah gatal tersebut. Yaitu dengan pengobatan tradisional memanfaatkan petai cina.

Untuk cara pemanfaatannya Anda bisa mengikuti cara ini. Meski terbilang tidak cukup terkenal, namun cara ini tetap bisa Anda gunakan. Hal pertama ialah siapkan petai cina 60 gram dan daun sirih 10 lembar.

Setelah itu, Tumbuk kedua bahan terlebih dahulu, lalu rebus menggunakan 3 gelas air hingga mendidih. Kemudian, oleskan air rebusan tersebut pada bagian tubuh yang terasa gatal.

Itulah sekilas pembahasan mengenai cara membantu mengobati penyakit gatal menggunakan cara tradisional memanfaatkan petai cina. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Cara Mengobati Gatal dengan Petai Cina

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!