Cara Mengobati Gondok dengan Akar Daruju

Cara Mengobati Gondok dengan Akar Daruju

Cara Mengobati Gondok dengan Akar Daruju – Bernama latin Acanthus montanus Linn atau lebih dikenal dengan nama daruju. Merupakan sejenis tanaman semak yang mempunyai bentuk unik pada bagian-bagian daunnya. Tepi dari daun-daunnya bergerigi besar dan lancip atau tajam pada ujung-ujungnya. Daun daruju berwarna hijau mengkilap dan agak kekuning-kuningan.

Cara Mengobati Gondok dengan Akar Daruju

Daruju dapat dengan mudah kita jumpai di daerah-daerah yang lembab seperti sungai dan pinggiran rawa-rawa. Meski rasanya yang pahit dan memiliki sifat mendinginkan, namun hampir semua bagian dari tanaman daruju bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Termasuk salah satunya ialah akar dari tanaman daruju kerap dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit gangguan tiroid seperti gondok.

Akar tanaman daruju mengandung asam amino dan flavone yang berkhasiat baik untuk dimanfaatkan sebagai obat herbal gondok. Di samping itu, di dalam biji dan daun deruju terkandung senyawa kimia seperti polifennol, flavonoida, dan saponin. Serta terkandung pula minyak atsiri, yang tentunya memiliki khasiat baik untuk kesehatan dan pengobatan beberapa jenis penyakit.

Penyakit gondok sendiri sebenarnya bukan jenis penyakit mematikan, namun dapat membuat penderitanya merasa terganggu karena menimbulkan benjolan yang disertai rasa sakit. Meski begitu, gondok akan terus membesar apabila tidak segera ditangani. Dan secara medis, untuk mengobati penyakit gondok tersebut hanyalah melalui operasi. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat cara lain untuk mengobati gondok tersebut.

Salah satunya ialah dengan menggunakan cara tradisional memanfaatkan bahan alami. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan akar daruju sebagai bahan alaminya. Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa akar daruju memiliki khasiat untuk pengobatan penyakit gondok. Untuk cara pengolahannya sendiri, dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini.

Cara Mengobati Gondok dengan Akar Daruju :

  • Siapkan satu cangkir atau sekitar 30 sampai 60 gram akar daruju kering
  • Cuci bersih akar daruju terlebih dahulu
  • Setelah itu, rebus akan daruju dengan 2 gelas air
  • Tunggu beberapa saat hingga rebusan mendidih dan menyisakan setengahnya
  • Jika sudah, angkat dan saring ramuan akar daruju ke dalam gelas
  • Minum ramuan akar daruju tersebut secara rutin.
  • Ampas dari akar daruju juga bisa dimanfaatkan untuk memasak daging lalu dimakan oleh penderita gondok.

Itulah sekilas artikel mengenai cara mengobati gangguan penyakit tiroid gondok menggunakan cara tradisional memanfaatkan akar daruju. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!