Cara Mengobati Gondok dengan Akar Randa Tapak

Cara Mengobati Gondok dengan Akar Randa Tapak – Randa tapak atau lebih sering dikenal juga dengan nama dandelion, merupakan sejenis tanaman genus besar dari famili Asteraceae. Penamaan randa tapak sendiri ditujukan pada sebuah tumbuhan yang memiliki bunga, yang bunga-bunganya kecil dan akan terbang tertiup angin. Randa tapak asli berasal dari Eropa dan Asia, namun hingga saat ini banyak menyebar ke berbagai tempat.

Pelepasan bunga dari tumbuhan ini pun menjadi semacam jam hayati yang secara teratur akan melepaskan banyak bijinya. Dan sebenarnya, biji-biji dari bunga tersebut adalah buahnya. Yang kemudian akan tumbuh kembali di tanah tempat biji itu terbang. Tumbuhan randa tapak ini juga termasuk ke dalam jenis tanaman liar yang dapat tumbuh dengan mudah dimana saja. Mulai dari lapangan terbuka hingga pada pinggir jalan.

Cara Mengobati Gondok dengan Akar Randa Tapak

Cara Mengobati Gondok dengan Akar Randa Tapak

Namun dibalik pertumbuhannya yang liar, randa tapak ternyata memiliki manfaat baik untuk pengobatan. Salah satunya adalah berguna untuk membantu mengobati penyakit gondok, yaitu pada bagian akarnya. Penyakit gondok sendiri ialah suatu kondisi, dimana terjadinya pembesaran atau pembengkakan kelenjar tiroid. Yang merupakan bagian organ berbentuk kupu-kupu yang terletak tepat di bawah jakun.

Kelenjar tiroid ini memiliki peran penting, yaitu untuk memproduksi hormon tiroid yang berperan dalam berbagai proses-proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh. Ukuran benjolannya sendiri bervariasi, mulai dari benjolan kecil hingga benjolan yang sangat besar hingga membuat penderitanya kesulitan bernapas. Hingga saat ini, akar dari tumbuhan randa tapak memang sudah banyak dijual di toko-toko herbal. Nah, untuk pengolahan akar randa tapak sendiri dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini :

  • Siapkan sekitar 500 gram akar randa tapak
  • Cuci bersih akar randa tapak terlebih dahulu
  • Setelah itu, rebus akar randa tapak dengan 2 gelas air
  • Tunggu beberapa saat hingga rebusan mendidih dan menyisakan untuk segelas saja
  • Jika sudah, angkat dan saring lalu tuangkan rebusan ke dalam gelas
  • Lakukan cara ini secara rutin sekurang-kurangnya 6 minggu untuk mengobati gondok Anda.

Itulah sekilas artikel mengenai cara mengobati gangguan penyakit gondok menggunakan cara alami memanfaatkan akar dari tumbuhan liar randa tapak. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!