Cara Mengobati Maag dengan Daun Bandotan

Cara Mengobati Maag dengan Daun Bandotan

Cara Mengobati Maag dengan Daun Bandotan – Bernama latin Ageratum conyzoides dari famili Asteraceae atau lebih dikenal dengan nama bandotan. Merupakan sejenis tanaman gulma pertanian yang dapat tumbuh liar di ladang, sawah-sawah yang mengering, tepi jalan, tepi air, wilayah bersemak belukar, hingga di pekarangan rumah.

Cara Mengobati Maag dengan Daun Bandotan

Tanaman babandotan juga memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap wilayahnya. Seperti di Sunda (babandotan), di Jawa (wedusan), dan lainnya. Dinamai bandotan, karena tumbuhan ini dapat mengeluarkan bau yang menyerupai kambing. Terna berbau keras, berbatang tegak, memiliki banyak bunga majemuk, bercabang-cabang, dan berakar serta berambut jarang ini dapat tumbuh mencapai tinggi 120 cm.

Meskipun umumnya bandotan dianggap hanya sebatas gulma atau tanaman pengganggu. Namun ternyata bandotan dikenal luas sebagai obat luka. Bandotan diketahui memiliki beberapa kandungan seperti alkanoid, kumarin dan minyak esensial. Selain untuk membantu mengobati luka, bandotan juga dipercaya mampu membantu mengobati berbagai jenis penyakit lainnya. Salah satunya adalah untuk membantu mengobati maag.

Bagian tanaman bandotan yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan maag ialah daunnya. Daun bandotan dipercaya memiliki khasiat untuk obati sakit maag. Karena kandungan zat-zat berkhasiat di dalamnya dapat menurunkan asam lambung dan mengobati iritasi atau luka pada lambung. Untuk cara pengobatan daun bandotan menjadi ramuan untuk membantu mengobati sakit maag, dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini.

Cara Mengobati Maag dengan Daun Bandotan :

  • Siapkan 2 genggam daun bandotan dan 3 gelas air
  • Cuci bersih daun bandotan terlebih dahulu
  • Setelah itu, rebus daun bandotan dengan 3 gelas air tadi
  • Tunggu beberapa saat hingga rebusan mendidih dan menyisakan untuk segelas saja
  • Jika sudah, angkat dan saring lalu tuangkan ramuan ke dalam gelas
  • Minum rebusan bandotan tersebut selagi dalam keadaan hangat dalam 3 kali sehari
  • Lakukan cara ini secara rutin sebagai upaya untuk pengobatan sakit maag Anda.

Itulah sekilas artikel menganai cara mengobati gangguan penyakit maag menggunakan cara tradisional dengan memanfaatkan tanaman alami yaitu daun bandotan. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!