Cara Mengobati Mata Ikan dengan Getah Pepaya

Cara Mengobati Mata Ikan dengan Getah Pepaya

Cara Mengobati Mata Ikan dengan Getah Pepaya – Mungkin bagi beberapa orang disini pasti pernah mengalami mata ikan, baik itu pada telapak kaki maupun tangan. Tentu yang merasakannya akan merasa risih, malu, sakit.

Cara Mengobati Mata Ikan dengan Getah Pepaya

Mata ikan itu sendiri adalah penebalan kulit akibat tekanan dan gesekan yang terjadi berulang kali. Mata ikan biasanya berukuran kecil dan memiliki bagian tengah keras (keratin) yang dikelilingi kulit meradang. Penebalan kulit yang berlebihan akan merubah menjadi mata ikan yang akan menimbulkan rasa nyeri.

Biasanya mata ikan ini sering muncul pada bagian tubuh yaitu kaki. Jika dilihat mata ikan seperti namanya, menonjol kedalam dan mempunyai inti yang terlihat seprti mata ditengah dan berwarna bening, sakit jika disentuh. Penyebab munculnya mata ikan adalah tekanan dan gesekan yang berulangkali.

Inilah beberapa faktor yang menimbulkan terjadinya gesekan tersebut ialah :

  • Pemakaian sepatu yang tidak nyaman
  • Sering menggunakan peralatan atau bermain alat musik dengan tangan
  • Tanpa kaus kaki
  • Perokok.

Gejala yang bisa dirasakan oleh penderita mata ikan, diantaranya :

  • Adanya area kulit yang terasa tebal dan kasar
  • Muncul benjolan yang membesar dan mengeras
  • Rasa nyeri di dalam kulit
  • Kulit bersisik, kering, atau berminyak
  • Jika sudah terinfeksi akan terasa nyeri, meradang, berisi nanah atau cairan bening.

Cara mengobati penyakit mata ikan, biasanya dilakukan dengan cara operasi kecil dan pemakaian obat luar. Namun ada cara yang alami yang bisa mengobati mata ikan, salah satunya dengan menggunakan getah pepaya.

Getah pepaya biasanya digunakan untuk membuat daging lunak, namun getah pepaya juga banyak manfaatnya untuk pengobatan. Karena didalam getah pepaya terkandung zat papaine yang terdiri dari banyak asam amino dan berfungsi sebagai obat luar. Getah pepaya ini bisa Anda jumpai pada batang, daun, maupun buah pepaya.

Cara penggunaannya bisa dicampur dengan kapur (enjet), lalu dioleskan merata pada mata ikan. Getah pepaya mempunyai kandungan yang mampu melunakkan juga melepas sel-sel kulit mati. Bahkan, papaine digunakan sebagai obat pengendali dalam pembedahan. Sebaiknya gunakan getah buah yang masih muda.

Tanpa operasi kecil, cara tradisional ini bisa mengatasi mata ikan. Tentu saja dengan penggunaan yang tertatur dan harus menjaga kebersihannya. Perlu diketahui, mata ikan dapat kambuh kembali jika akar yang ada belum bersih terangkat.

Itulah sekilas pembahasan tentang “Cara Mengobati Mata Ikan dengan Getah Pepaya”. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Post By : Info Kita Semua

Cara Mengobati Mata Ikan dengan Getah Pepaya

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!