Cara Mengobati Panu dengan Lengkuas

Cara Mengobati Panu dengan Lengkuas – Bernama latin Alpinia galanga atau lebih dikenal dengan nama lengkuas ataupun kelawas ini merupakan sejenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya, lengkuas lebih banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai campuran bumbu masakan dan sebagai obat tradisional.

Cara Mengobati Panu dengan Lengkuas

Cara Mengobati Panu dengan Lengkuas

Masyarakat memanfaatkan lengkuas sebagai campuran bumbu masakan dengan cara mememarkan rimpangnya lalu dicelupkan begitu saja pada campuran masakan. Sedangkan untuk pemanfaatan pengobatan, lengkuas banyak sekali digunakan dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Umumnya digunakan sebagai obat alami antiradang, namun bisa juga digunakan sebagai obat alami pengobatan kulit. Salah satunya untuk mengobati penyakit panu.

Panu merupakan salah satu infeksi jamur yang ditandai dengan memunculan bercak-bercak kecil pada kulit. Warna bercak panu itu sendiri biasanya lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit yang asli. Bahkan dari sebagian kasus, ada pula warna panu yang merah dan merah mudah. Apabila seseorang terkena panu, maka bercak-bercak pada kulit perlahan akan melebar seiring berjalannya waktu.

Tidak hanya menyebarkan bercak berwarna pada kulit saja, panu juga bisa menyebabkan kulit terasa gatal dan bersisik. Bagian tubuh yang sering terkena panu adalah padapunggung, perut, dada, lengan atas, dan leher. Meskipun panu ini tidak membahayakan, namun panu akan sangat mengganggu penampilan hingga mengganggu kenyamanan karena gejala gatal-gatalnya. Sehingga perlu secepat mungkin untuk dihilangkan.

Nah, bagi Anda yang saat ini tengah mengalami gangguan penyakit panu. Kami akan berikan solusi alami untuk mengatasi panu tersebut. Untuk mengobati gejala yang timbul akibat panu dan mencegah penyebarannya, kami akan sarankan salah satu cara alami untuk mengobatinya yaitu denga memanfaatkan lengkuas. Lengkuas mengandung beberapa zat aktif dan kandungan bermanfaat lainnya yang baik digunakan untuk mengobati panu Anda.

Lengkuas juga memiliki sifat antijamur yang dapat menghambat mikroba pembusuk dan pengawet makanan. Sifat antimikroba dalam lengkuas ini berasal dari kandungan minyak atsiri yang berfungsi sebagai bakterisida atau pembunuh bakteri, fungusida atau pembunuh jamur, garmidisa atau penghambat spora bakteri dan bakteristatis atau penghambat bakteri. Sehingga dengan berbagai kandungannya, lengkuas memang cocok digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati panu yang tengah Anda alami saat ini.

Cara Mengobati Panu dengan Lengkuas :

  • siapkan sebatang lengkuas
  • Pastikan lengkuas yang digunakan dengan kualitas baik
  • Cuci bersih lengkuas terlebih dahulu
  • Siapkan juga kapur sirih secukupnya
  • Setelah itu, tumbuk lengkuas dan kapur sirih hingga benar-benar halus
  • Lalu, oleskan campuran lengkuas dan kapur sirih tadi pada kulit yang terkena panu
  • Sebaiknya gunakan cara ini setelah mandi setiap pagi dan sore hari.

Itulah sekilas artikel mengenai cara mengobati penyakit panu menggunakan cara alami dengan memanfaatkan lengkuas. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!