Ciri dan Gejala Organ Pankreas Bermasalah

Ciri dan Gejala Organ Pankreas Bermasalah

Ciri dan Gejala Organ Pankreas Bermasalah – Pankreas merupakan salah satu organ yang memiliki peranan yang cukup penting di dalam sistem pencernaan. Pankeras sendiri terletak di sebelah kiri atas perut yang memiliki ukuran sekitar 18-25 cm, dengan bentuk yang memanjang.

Ciri dan Gejala Organ Pankreas Bermasalah

Fungsi dari pankreas ialah untuk menghasilkan enzim dan hormon penghancur makanan di dalam perut. Dan  untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Enzim dan hormon yang dihasilkan tersebut, oleh pankeras akan disalurkan ke seluruh tubuh melalui duodenum (bagian dari usus 12 jari).

Resiko yang dapat timbul apabila pankreas bermasalah, diantaranya ialah :

  • Kanker pankreas
  • Fibrosis kistik
  • Pseudokista pankreas
  • Pankreatitis
  • Diabetes tipe I & II
  • Gangguan lain, seperti : Tumor set islet serta meninkatnya jumlah prosuksi hormon dan ukuran pankreas yang membesar.

Ciri dan Gejala Organ Pankreas Bermasalah

Adapun ciri ataupun gejala dari pankreas bermasalah, ialah sebagai berikut :

  • Sakit Perut

Salah satu ciri yang umum pada gangguan pankreas ialah sakit perut. Bukan hanya sesaat, namun sakit perut akan terus menerus berulang selama pankreas mengalami kerusakan dan belum tersentuh penanganan. Rasa nyeri sendiri bisa menjalar hingga ke punggung bagian bawah.

  • Mual dan Muntah

Gejala yang satu ini memang sangat umum, mengingat banyak pula beberapa masalah kesehatan yang akan menimbulkan gejala tersebut.

  • Feses Berwarna Pucat dan Cair

Salah satu tugas pankreas adalah memberikan warna pada feses, jadi ketika pankreas bermasalah maka warna pada feses pun akan ikut terpengaruh. Feses cair sendiri merupakan tanda dari buruknya penyerapan gizi. Bukan hanya itu, namun pada beberapa kasus feses cair tersebut akan berlemak.

Hal tersebut dikarenakan pankreas tersebut tidak dapat memproduksi enzim yang berfungsi untuk mencerna lemak dan menyerap berbagai kandungan vitamin dalam lemak tersebut. Sehingga lemak gagal dipecah dan keluar bersamaan dengan urine.

  • Gula Darah Tinggi

Memiliki tugas untuk memproduksi insulin yang akan membantu menyerap gula dalam darah, tidak dapat dilakukan secara optimal ketika pankreas mengalami permasalahan. Oleh karena itu, kadar gula darah di dalam tubuh akan menjadi tinggi akibat gagal yang pada akhirnya akan memebuat penderitanya mengalami penyakit diabetes mellitus.

  • Berat Badan Turun Drastis

Banyak sekali dari jenis penyakit yang akan mebuat berat badan menjadi turun. Pasalnya, seseorang yang sakit akan mengalami penurunan nafsu makan. Dan berakibat turunnya masa tubuhnya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan terimakasih 🙂

Posted by : infokitasemua.com

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!