Jeruk Nipis untuk Asam Urat

Jeruk Nipis untuk Asam Urat

Jeruk Nipis untuk Asam Urat – Pernahkah Anda mengalami sakit yang tak tertahankan dan pembengkakan pada area jempol kaki Anda? Ya mungkin Anda sedah terserang penyakit asam urat atau gout.

Jeruk Nipis untuk Asam Urat

Meski semua bagian tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terkena asam urat biasanya jempol kaki dan bagian sendi lain di kaki, seperti lutut, pergelangan kaki, telapak kaki. Asam urat juga kadang terjadi di lengan, tangan, pergelangan tangan dan siku.

Penyebab Asam Urat

Penyebab terjadinya asam urat adanya kadar asam yang tinggi. Asam urat merupakan zat yang menjadi limbah dari adanya aktivitas pemecahan purin di dalam sendi. Pemecahan asam urat ini sebenarnya terjadi setiap hari dan kemudian dibuang melalui ginjal.

Namun, jika asam urat yang dibuang sedikit dari jumlah produksi, maka asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal-kristal tajam. Kristal asam urat ini akan menumpuk selama bertahun-tahun tanpa disadari dan akibatnya menjadi penyakit asam urat. Inilah mengapa penderita asam urat mayoritas adalah orang tua yang sudah lanjut usia.

Penyakit ini biasanya akan memunculkan gejala dalam waktu 3-10 hari dan akan masuk puncaknya pada waktu yang ke enam hari. Adapun gejala yang paling umum diderita yaitu :

  • Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama terjadi di pagi hari
  • Sendi bengkak dan lunak
  • Sendi kemerahan
  • Rasa panas si sekitar sendi.

Penyakit asam urat sangat berbahaya bagi tubuh dan tentunya bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari jika dibiarkan. Oleh karena itu, jika Anda sudah menderita asam urat maka Anda harus mencegahnya supaya asam urat menjadi tidak parah. Cara terbaik untuk mencegah asam urat adalah dengan jeruk nipis.

Jeruk Nipis untuk Asam Urat

Jeruk nipis sudah banyak dipercaya oleh masyarakat akan khasiatnya untuk mencegah asam urat. Inilah beberapa khasiat jeruk nipis untuk asam urat :

  • Memperkuat sendi
  • Melarutkan asam urat yang tinggi
  • Mengurangi rasa sakit akibat asam urat
  • Mengurangi bengkak akibat asam urat
  • Baik untuk diet
  • Mengeluarkan racun akibat kelebihan purin
  • Membantu menetralkan Ph dalam tubuh

Untuk cara mengolahnya juga sangat gampang. Anda dapat memeras 1/2 jeruk nipis dan mencampurkannya ke dalam 200 ml air mineral. Jangan campurkan pemanis buatan atau gula, karena akan membuat kadar gula darah Anda meningkat. Anda dapat memilih air hangat atau air dingin sesuai selera. Konsumsilah campuran air perasan jeruk nipis ini 2x sehari secara rutin.

Itulah sekilas artikel menganai “Jeruk Nipis untuk Asam Urat”
Semoga bermanfaat & Terimakasih 🙂

Post By : Info Kita Semua

Jeruk Nipis untuk Asam Urat

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!