Manfaat Spirulina untuk Darah Tinggi

Manfaat Spirulina untuk Darah Tinggi – Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi ketika tekanan darah terus menerus tinggi dan bertahan selama satu waktu. Dengan aliran darah yang tetap tinggi, menyebabkan dinding arteri meregang dan melewati batas sehatnya.

Manfaat Spirulina untuk Darah Tinggi

Menurut Dr. Sharukh Golwala, spesialis jantung di Rumah Sakit Breach Candy, ada beberapa hal yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Meski penyebab spesifik tekanan darah tinggi belum diketahui, menurutnya, faktor-faktor berikut turut berkontribusi seperti :

  • Usia
  • Faktor keturunan
  • Berat badan yang berlebih (obesitas)
  • Gaya hidup yang salah (merokok, tidur malam).

Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat umum perlu waspada pada gejala-gejala umum seperti pusing, pendarahan dari hidung (mimisan), dan gangguan penglihatan. Selain mewaspadai, usaha preventif pun perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit hipertensi.

Penyakit hipertensi merupakan salah satu faktor pemicu yang dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke, dan kerusakan ginjal. Tetapi, sekarang ini sudah banyak yang bisa Anda jumpai beberapa pengobatan alternatif yang bisa meningkatkan kesehatan, salah satunya pada penderita tekanan darah tinggi.

Obat-obatan yang biasanya diberikan kepada penderita hipertensi umumnya mengandung penghambat beta, penghambat ACE, antagonis Angiotensis, penghambat saluran kalsium. Namun, mengonsumsi obat secara berlebihan juga tidak baik. Lantas, apa solusinya?

Konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan air putih dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, diperlukan asupan nutrisi dan gizi yang lain seperti Nitri c Oxide (nitrogen monoksida) untuk membersihkan sinyal pelebaran dan relaksasi dinding arteri yang membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke organ vital.

Berdasarkan hasil penelitian dari Universidad Nacional Autonoma de Mexico, spirulina dapat meningkatkan pembuatan gas Nitric oxide. Hal ini disebabkan karena kandungan asam amino Arginin dalam spirulina yang berfungsi sebagai pendetox darah dalam tubuh.

Apa itu Spirulina?

Spirulina adalah jenis ganggang biru-hijau yang dapat dikonsumsi manusia sebagai suplemen makanan. Spirulina dianggap sebagai superfood, karena kandungan nutrisi dan manfaat spirulina sangat baik untuk kesehatan.

Sebagian penderita hipertensi mengalami kekurangan kalium sedangkan garamnya berlebih. Hal ini justru akan memperburuk keadaan penyakit hipertensi karena kekurangan kalium dapat merusak glomerulus.

Kebutuhan kalium dapat dipenuhi dengan konsumsi sayur-sayuran, namun Spirulina mengandung kalium 10x lebih banyak dibandingkan sayuran biasa. Jadi, spirulina ini bisa menjadi alternatif bagi para penderita hipertensi yang tak gemar mengonsumsi sayur-sayuran.

Klorofil, sebagai pigmen dominan dalam Spirulina salah satu fungsinya untuk meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Klorofil di dalam Spirulina 3x klorofil dalam Alfafa. Cara kerja klorofil dalam tubuh kita yaitu membersihkan kolesterol yang mengkristal dalam peredarah darah kita.

Dengan demikian, konsumsi Spirulina penting untuk dilakukan, karena sprulina dapat mencegah dan mengobati penyakit hipertensi tanpa efek samping karena didalamnya terkandung nutrisi-nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh.

Sekian dan terimakasih. Semoga bermanfaat 🙂

Post by : Info Kita Semua

Manfaat Spirulina untuk Darah Tinggi

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!