Pantangan Makanan Penderita Kista Cokelat

Pantangan Makanan Penderita Kista Cokelat – Normalnya ketika seorang wanita mengalami menstruasi, semua hormon dan sel-sel telur yang menempel pada endometrium (lapisan rahim) akan luruh karena tidak dibuahi oleh sel sperma dan akan dikeluarkan melewati vagina dalam bentuk darah.

Pantangan Makanan Penderita Kista Cokelat

Darah menstruasi yang mundur ke organ sebelum rahim, seperti tuba falopi, merupakan sebab utama terjadinya pembentukan kista coklat. Kondisi yang disebut dengan menstruasi retrograde ini dapat menimbulkan banyak darah, hormon, sel-sel telur, dan enzim peradangan berkumpul dan menebal membentuk dinding.

Inilah yang dinamai dengan kista coklat karena darah yang berkumpul terlihat berwarna merah tua kecoklatan. Kista cokelat bisa pecah kapan saja dan dapat menyebar ke dinding rahim, organ perut, dan panggul.

Penyakit ini menimbulkan nyeri panggul dan nyeri perut yang tak tertahankan, dan disertai terganggunya kesuburan wanita karena siklus menstruasi terganggu dan sulit untuk hamil. Kadang penyakit ini tidak menimbulkan gejala, sehingga sering kali terlambat didiagnosis atau diketahui oleh pasiennya.

Kista coklat bisa disembuhkan dengan minum obat rutin sesuai dengan saran dokter atau melakukan operasi. Namun, bukan hanya itu. Pasien juga harus menghindari pantangan makanan untuk kista coklat sebagai bagian dari bentuk perawatan.

Pantangan Makanan Penderita Kista Cokelat

Bila Anda memiliki kista cokelat, penting untuk mempertimbangkan diet dan gaya hidup sebagai bentuk perawatan untuk meringankan gejala dan mendukung kepulihan dari kondis ini. Sebab beberapa makanan dapat memicu atau memperparah kondisi. Berikut beberapa pantangan makanan untuk kista coklat, seperti :

  • Makanan yang diproses

Beberapa makanan olahan dapat mengandung zat aditif atau pengawet tertentu yang dapat menyebabkan peradangan pada beberapa orang, apalagi pada pasien kista cokelat. Makanan tersebut mengandung lemak jenuh dengan sedikit nilai gizi.

Semua makanan tersebut meliputi makanan ringan kemasan, minuman ringan, makanan yang digoreng, daging asap yang diolah, makanan yang dipanggang, dan makanan bergula.

  • Makanan yang mengandung gluten

Pasien dengan kista cokelat harus menghindari makanan yang mengandung gluten, agar gejalanya lebih ringan. Pasalnya, kepekatan glubten pada makanan bisa memberikan respon negatif pada usus sehingga meningkatkan respon negatif pada usus sehingga meningkatkan rasa sakit.

  • Makanan berlemak

Produk susu berlemak penuh relatif mengandung lemak jenuh yang bisa menyebabkan peradangan. Namun, ini tidak berarti Anda tidak boleh minum susu. Anda tetap bisa meminum susu yang rendah lemak dan yogurt sebagai sumber kalsium.

Selain itu, mentega, margarin, dan daging merah juga mengandung lemak tinggi sehingga lebih sulit dicerna dan dapat memicu peradangan.

Nah, itulah beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita kista cokelat untuk mencegah kondisi bertambah buruk karena komplikasi.

Post by : Info Kita Semua

Pantangan Makanan Penderita Kista Cokelat

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!