Penyakit Sipilis, Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Penyakit Sipilis, Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Penyakit Sipilis, Gejala, Penyebab dan PengobatannyaSipilis merupakan jenis penyakit kelamin juga biasa disebut juga dengan penyakit raja singa. Sipilis bisa terjadi karena bakteri yang menginfeksi mulut, kulit, alat kelamin, dan sistem saraf.

Penyakit Sipilis, Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Jika kondisi ini terdeteksi sejak awal, sifilis bisa lebih mudah disembuhkan dan tanpa mengakibatkan terjadinya kerusakan permanen. Akan tetapi, apabila kondisi ini tidak segera diobati bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan serius pada otak atau sistem saraf maupun organ lain, dan bisa termasuk pula jantung.

Sama seperti jenis penyakit kelamin lainnya, sipilis juga termasuk jenis penyakit menular yang bisa menyebar melalui berbagai jenis kontak seksual, misalnya saat berciuman. Sipilis juga bisa menyebar dari seorang ibu yang terinfeksi kepada janin di dalam kandungannya atau pada bayi yang baru lahir.

Sipilis bawaan dari ibu ke anak ini bisa meningkatkan risiko keguguran, bayi lahir mati, atau kematian bayi dalam beberapa hari setelah kelahiran.

Tanda dan Gejala Sipilis

Gejala sipilis berbeda-beda pada setiap penderitanya, tergantung dengan tahapannya.

  • Gejala sipilis tahap 1

Gejala tahap pertama bisa muncul 2 sampai 4 minggu sesudah terjadi infeksi, dalam bentk luka yang tidak terasa sakit di mana masuknya bakteri ke dalam tubuh. Luka jenis ini kerap terasa pada alat kelamin namun juga bisa dilihat di mulut atau anus.

Dan jika bagian-bagian tersebut terlibat dalam aktivitas seksual dengan orang yang terinfeksi. Pada umumnya, gejala ini bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari atau 1 sampai 5 minggu.

  • Gejala sipilis tahap 2

Jika infeksi tidak segera diobati, gejala tahap kedua bisa dimulai sejak 6 sampai 12 minggu setelahnya. Ciri-ciri sifilis tahap 2 diantaranya sakit kepala, kehilangan nafsu makan, nyeri sendi, kehilangan nafsu makan.

Timbulnya ruam yang meliputi benjolan bersisik merah pada penis, kecil, mulut, atau vagina pada telapak tangan dan kaki. Gejala lainnya sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar limpa (pada ketiak, leher, pangkal paha, serta kelelahan.

Gejala sipilis

Tahap 3 dari gejala sipilis muncul 10 sampai 40 tahun setelah infeksi awal. Cirinya ialah timbulnya kerusakan pada jantung dan otak, mengalami kelumpuhan, daya ingan menurun, dan mengalami gangguan pada keseimbangan tubuh.

Beberapa gejala yang telah berada pada stadium dua atau tiga kemungkinan tidak menunjukkan adanya gejala penyakit sipilis.

Penyebab Sipilis

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa penyakit sipilis bisa terjadi karena infeksi bakteri bernama Treponema pallidum. Biasanya infeksiterjadi akibat adanya kontak seksual. Dan dalam kasus yang sangat jarang terjadi, bakteri bisa masuk menginfeksi melalui celah atau luka pada kulit setelah menyentuh orang yang sudah terinfeksi sipilis.

Meski begitu, sipilis tidak bisa menular melalui penggunaan toilet yang sama, pakaian, bak mandi, peralatan  makan, kolam renang, atau gagang pintu, maupun pemandian air panas. Penyakit HIV lebih rentan terhadap penularan dan menjadi penyebab sipilis. Sekali saja Anda tertular sipilis, ada kemungkinan Anda bisa terinfeksi lagi dan lagi.

Berikut beberapa aktivitas seksual yang bisa mengakibatkan sesorang tertular sipilis :

  • Penertasi vagin

Seks penetrasi vagina atau penis ialah salah satu penyebab umum penularan sipilis. Ketika melakukan hubungan seksual, bakteri pallidum di dalam kelamin baik penis maupun vagina bisa menyebar langsung pada sentuhan dari gesekan alat kelamin di dalam vagina.

Terlebih lagi, jika cairan orgasme salah satu dari penderita mengenai kelenjar getah bening, hingga akhirnya dapat menyebar ke seluruh tubuh.

  • Anal seks

Aktivitas lain yang bisa menjadi salah satu penyebab penularan sipilis ialah anal seks. Biasanya, seks dengan penetrasi ke anus bisa menyebarkan virus-virus maupun bakteri penyakit seksual lainnya dengan cepat.

Terlebih lagi anus manusia sangat minim kebersihan, sehingga tak heran jika bakteri atau virus penyebab sipilis bisa terjadi dari aktivitas anal seks ini.

  • Oral seks

Oral seks merupakan aktivitas seksual dengan mengeluarkan rangsangan pada penis laki-laki, alat kelamin perempuan termasuk vulva, klitoris, dan vagina, atau anus dari orang menggunakan lidah, mulut, atau bibir.

Banyak orang menyangka jika oral seks ini aman dari gangguan penyakit menular terutama sipilis. Padahal justru seks oral ini termasuk salah satu aktivitas penularan tertinggi dari kasus sipilis.

Pantangan Makanan Penderita Sipilis

Berikut daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita sipilis untuk mencegah gejalanya yang lebih parah.

  • Makanan jenis daging
  • Makanan jenis telur
  • Kacang tanah
  • Makanan jenis ikan
  • Mentimun, kubis atau kol, dan kacang panjang
  • Hindari kopi, atau sebaiknya hentikan.

Pencegahan Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis juga jangan disepelekan. Sipilis bisa menyerang siapa saja, termasuk pada anak-anak. Untuk itu, berikut beberapa tips mencegah sipilis diantaranya :

  • Berhenti melakukan kontak seksual dalam jangka waktu yang lama
  • Biasakan menggunakan kondom bagi Anda yang mungkin harus berhubungan seksual dengan orang yang tak dikenal
  • Hindari alkohol dan obat-obatan terlarang
  • Cukup miliki satu pasangan tetap untuk melakukan hubungan seksual
  • Secara terbuka sebaiknya bicarakan mengenai riwayat penyakit kelamin yang dialami bersama pasangan.

Pengobatan Penyakit Sipilis

Jika Anda atau pasangan telah terdiagnosa sipilis, salah satu cara mengatasinya ialah dengan melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Di bawah ini beberapa pengobatan rumahan yang bisa membantu mengatasi sipilis, diantaranya :

  • Cuci tangan sesering mungkin untuk menghindari penyebaran infeksi
  • Jangan berhenti minum obat untuk pengobatan sipilis itu sendiri
  • Usahakan untuk tidak melakukan aktivitas seksual minimal selama 2 minggu atau setelah pengobatan hingga Anda benar-benar dinyatakan bersih oleh dokter terkait.
  • Lakukan pemeriksaan secara berkala atau pemeriksaan terhadap penyakit menular lainnya.

Itulah sekilas penjelasan singkat kali ini mengenai penyakit sipilis, gejala sipilis, penyebab sipilis, makanan yang baik dan buruk untuk penderita sipilis, pencegahan penyakit sipilis dan pengobatannya. Semoga bermanfaat

Post By : Info Kita Semua

Penyakit Sipilis, Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!