Tanda dan Gejala Awal Asma Pada Anak yang Wajib Dicermati Orang Tua

Tanda dan Gejala Awal Asma Pada Anak yang Wajib Dicermati Orang Tua – Asma merupakan salah satu penyakit yang umum dialami anak-anak. Asma adalah kondisi peradangan dan penyempitan saluran pernapasan yang membuat seseorang mengalami sesak napas.

Sayangnya, tidak semua orangtua paham betul mengenai tanda dan gejalanya sehingga sering kali terabaikan. Apalagi gejala asma pada anak ini cenderung mirip seperti infeksi saluran pernapasan lainnya yang dianggap sepele.

Tanda dan Gejala Awal Asma Pada Anak yang Wajib Dicermati Orang Tua

Pada umumnya, anak yang paling rentan mengalami asma yaitu anak yang berusia lima tahun. Sampai sekarang ini, para pakar kesehatan belum bisa menentukan penyebab asma pada anak. Sebagian pakar menduga bahwa ini dapat terjadi saat anak sering terkena paparan debu, asap rokok, dan polusi udara saat beraktivitas di luar rumah.

Asma pada anak-anak mempunyai kondisi yang berbeda terhadap tiap usianya dan ini perlu ditangani. Hal ini disebabkan, ciri asma pada anak itu tidak sama, dan gejalanya bisa bervariasi. Untuk itu, kamu sebagai orang tua perlu mengetahui ciri asma pada anak, agar bisa segera mengatasinya.

Tanda dan Gejala Awal Asma Pada Anak yang Wajib Dicermati Orang Tua

  • Batuk terus-menerus, terutama pada malam hari

Jika si kecil sering batuk pada malam hari, ini bisa mengindikasikan gejala asma. Batuk saat malam hari bisa jadi disebabkan oleh udara yang lebih dingin saat malam hari, dibandingkan siang hari.

Selain itu, ciri asma pada anak juga bisa ditandai dengan anak yang sering batuk ketika bermain dan tertawa atau menangis.

  • Gangguan tidur

Anak yang mengalami asma biasanya akan mengalami gangguan tidur yang ditandai dengan sesak napas yang biasanya bertambah berat atau bertambah parah saat malam hari.

  • Mengi saat mengeluarkan nafas (Wheezing)

Ciri asma pada anak juga bisa dikenali, yaitu saat anak mengalami mengi ketika mengeluarkan nafas. Kondisi ini terjadi disebabkan karena penyempitan saluran pernapasan akibat dari peradangan saluran pernapasan pada pengidap asma.

  • Anak lebih cepat lelah

Jika anak mengalami kelelahan di sela-sela aktivitasnya, ini bisa menjadi ciri asma. Penyebab kelelahan ini adalah terganggunya tidur anak pada malam hari akibat gejala sesak napas yang muncul. Menurunnya kualitas tidur ini menjadi penyebab energi anak cepat berkurang saat beraktivitas.

Bila Anda menemukan salah satu atau beberapa gejala tersebut, segera bawa si kecil ke dokter. Pasalnya, beberapa infeksi saluran pernapasan lainnya cenderung memiliki gejala yang mirip seperti gejala asma sehingga para orang tua sering kali salah langkah saat mengobati penyakit anak.

Apalagi jika kedua orang tua dari si anak ini memiliki riwayat asma atau alergi sebelumnya, maka anak Anda berisiko tinggi terkena asma yang sama seperti Anda. Jadi, jangan lagi tunda-tunda untuk membawa si kecil ke dokter, ya!

Post by : Info Kita Semua

Tanda dan Gejala Awal Asma Pada Anak yang Wajib Dicermati Orang Tua

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!