Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa – Perut sakit, pusing, mual, kembung, tenggorokan serasa tercekik dan muntah, merupakan gejala-gejala dari maag kambuh saat puasa. Sakit maag yang kambuh saat puasa memanglah sangat mengganggu hingga dapat menjadi suatu halangan dalam beribah puasa Ramadhan ini.

Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Sebenarnya, sakit maag bukanlah penghalang yang berarti dalam menjalankan ibadah selama bulan ramadhan berlangsung ini. Namun dengan catatan, Anda perlu melakukan beberapa tips dibawah ini untuk mencegah sakit maag Anda kambuh saat berpuasa. Adapun beberapa tips dalam mencegah maag kambuh saat puasa, diantaranya :

  • Usahakan Selalu Melakukan Sahur

Umumnya, kekambuhan maag saat berpuasa dapat dicegah dengan selalu mengusahakan sahur setiap akan berpuasa. Dan jangan dibiasakan untuk tidak melakukan sahur, karena jika terlalu sering tidak melakukan sahur. Serta dilakukan terus menerus, dapat berisiko meningkatkan kekambuhan maag saat puasa.

  • Makan Makanan Berserat Tinggi Saat Sahur

Kandungan serat tinggi bisa ditemukan pada buah, sayur, berat, kacang-kacangan, gandum dan agar-agar. Biasanya, makanan berserat tinggi dapat mengandung karbohidrat kompleks yang bisa diserap dengan lambat oleh tubuh. Sehingga mampu memperlambat kosongnya lambung.

Hal inipun sangatlah penting, karena jika lambung mengalami kekosongan maka asam lambung akan mengiritasi bagian dinding lambung. Dan akibatnya pun dapat meninggalkan rasa perih.

  • Berbuka Puasa Tepat Waktu

Kesibukan saat kemacetan parah dijalanan ataupun sebukan bekerja, kerap menjadi alasan utama dalam menunda berbuaka puasa. Namun nyatanya, berbuka puasa tepat waktu sangatlah penting dalam mencegah maag Anda agar tidak kambuh. Hindari minum ataupun konsumsi makanan pemicu maag kambuh.

  • Menghindari Makanan Pemicu Maag

Ketika Anda sahur ataupun berbuka, sebaiknya hindarilah jenis makanan yang berisiko meningkatkan kekambuhan maag saat puasa. Seperti hindari makanan berlemak yang bisa tingkatkan inflamasi atau peradangan pada selapun lambung.

  • Buat Jadwal Makan Makan Baru

Jika biasanya dihari-hari biasa Anda makan dalam 3 kali sehari. Sebaiknya pada bulan ramadhan ini, ubahlah waktu makan anda menjadi empat atau lima kali dalam sehari. Ini bisa dilakukan mulai berbuka hingga sahur dengan porsi makan yang lebih sedikit untuk mencegah kekenyangan.

Itulah sekilas artikel mengenai beberapa tips ampuh dalam mencegah kekambuhan maag saat berpuasa ramadhan. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Leave a Reply

Silahkan Chat Disini!!